Sebanyak 16 tim sekolah sepak bola (SSB) bertarung dalam kejuaraan usia dini memperebutkan Piala Bupati Aceh Timur dengan total hadiah uang tunai Rp10 juta.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Timur Syahril di Aceh Timur, Sabtu, mengatakan kejuaraan sepak bola usia dini tersebut digelar di Stadion Mon Sikureung Idi, pada 9 dan 10 September 2023 

"Peserta yang kami undang sebanyak 16 tim SSB yang berasal dari kabupaten Aceh Timur, Kota Langsa dan Aceh Tamiang. Semoga semua tim dapat bertanding sportif selama berjalannya pertandingan," kata Syahril.
 
Syahril menambahkan panitia memberlakukan syarat bagi pemain di antaranya melampirkan kartu identitas anak (KIA). Syarat KIA ini mencegah manipulasi data pemain.

"Kami berkomitmen menjalankan aturan yang telah disepakati sejak awal. Kita hanya ingin fair play dalam kejuaraan ini bisa terwujud," kata Syahril.

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Aceh Timur Darmawan mengapresiasi Dinas Pariwisata Pemuda olahraga Aceh Timur atas terselenggaranya kejuaraan sepak bola usia dini tersebut.

"Apresiasi atas kegiatan yang telah berlangsung ini. Apalagi ini merupakan kejuaraan sepak bola usia din  perdana dilaksanakan. Mudah-mudahan ini sebagai sarana konsolidasi adu bakat dan prestasi sepak bola sejak usia dini," kata Darmawan.

Selain itu, kejuaraan festival sepak bola usia dini merupakan kejuaraan yang bernilai penting dan strategis. Sebab kejuaraan ini dapat dijadikan indikator bahwa pembinaan cabang olahraga sepak bola usia dini di Aceh Timur masih berjalan.

Darmawan mengharapkan peran dukungan orang tua terhadap perkembangan sepak bola di usia dini. Sebab dukungan orang tua akan menjadi motivasi bagi si anak dalam mengasah karir sepak bolanya.

"Kami yakin dengan latihan yang rutin dan kejuaraan berkelanjutan akan melahirkan atlet sepak bola berprestasi di Aceh Timur yang mampu bermain di level nasional hingga internasional," kata Darmawan.
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023