Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) Indonesia Wilayah III Aceh Besar memperkenalkan rukun Islam kelima bagi anak-anak usia dini lewat Manasik Haji Cilik Akbar.

Ketua Panitia Nur Rahmi di Banda Aceh, Selasa mengatakan kegiatan tersebut diikuti sebanyak 1.100 murid Taman kanak-kanak dan Pendidikan Anak Usia Dini (TK/PAUD) se-Kabupaten Aceh Besar yang di pusatkan di Stadion Harapan Bangsa Lhoong Raya, Banda Aceh.

Ia menjelaskan kegiatan yang dilaksanakan secara bersama oleh Himpaudi Wilayah 2, 3 dan 4 Kabupaten Aceh Besar bertujuan memberikan edukasi bagi anak-anak pada usia dini dengan mempraktikkan langsung, sehingga mereka dapat mengenal langsung bagaimana proses pelaksanaan ibadah haji.

“Kita juga berharap kegiatan manasik haji dapat menumbuh kembangkan kesadaran untuk menunaikan ibadah haji sejak di usia dini, yang merupakan salah satu rukun Islam yang wajib ditunaikan oleh umat muslim,” katanya.

Menurut dia manasik haji juga akan menjadi pengetahuan berharga bagi anak-anak dalam rangka mempersiapkan diri, sehingga saat dewasa nantinya akan timbul semangat untuk melaksanakan rukun Islam kelima tersebut ke Tanah Suci, Mekkah.

Ia menambahkan dalam kegiatan tersebut pihaknya memperkenalkan rukun dan wajib haji, antara lain dimulai dari ilhram, tawaf, sa’i, tahallul dan melontar jumrah. Setiap prosesi tersebut anak-anak TK/PAUD didampingi oleh guru masing-masing sekolah yang dipandu panitia penyelenggara kegiatan.

Baca juga: DPRK dukung program transisi PAUD-SD di Banda Aceh

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023