Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Kodam IM) bertekad untuk berkontribusi memajukan sektor olahraga di Provinsi Aceh salah satunya melahirkan atlet karate untuk PON 2024 lewat kejuaraan Pangdam Iskandar Muda Open Karate Championship Tahun 2023.

“Kodam IM juga ingin berperan dalam pengembangan olahraga salah satunya yang kita laksanakan adalah kejuaraan Pangdam Iskandar Muda Open Karate Championship Tahun 2023 yang berlangsung di Banda Aceh,” kata Kepala Staf Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Kasdam IM) Brigjen TNI Hadi Basuki di Banda Aceh, Jumat.

Pernyataan itu disampaikannya usai membuka kejuaraan Pangdam Iskandar Muda Open Karate Championship Tahun 2023 mewakili Pangdam IM Mayor Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya di Balee Meuseuraya Aceh.

Ia menjelaskan Kodam IM berinisiatif bekerja sama Pengurus Karate Indonesia-Aceh menyelenggarakan kembali kejuaraan karate guna mencari atlet-atlet baru yang nantinya akan berkompetisi dalam berbagai kejuaraan di berbagai tingkatan.

“Mereka nantinya tidak hanya bertanding dalam provinsi saja, tapi juga akan diikutkan dalam berbagai kejuaraan sehingga nantinya mereka memang siap untuk mewakili Aceh pada PON 2024,” katanya.

Ia mengatakan kompetisi tersebut juga menjadi ajang unjuk bakat dan potensi terbaik, serta menjadi barometer bagi atlet yang telah mendapat pembinaan secara kontinu selama ini.

Ia menambahkan kejuaraan Karate tersebut disambut antusias dengan jumlah pendaftar mencapai 1.071 peserta atau dengan peserta terbanyak dalam penyelenggaraan kejuaraan tersebut.

Kejuaraan tersebut terdiri dari beberapa kategori yaitu kategori festival, kemudian kategori TNI/Polri, dan kategori open tournament.

Untuk kategori festival diikuti oleh putra dan putri usia dini delapan sampai sembilan tahun, kemudian pra pemula usia 10 sampai 11 tahun dan pemula usia 12 sampai 13 tahun. Untuk kategori TNI Polri putra dan putri senior usia 18 tahun ke atas.

Sedangkan untuk kategori open tournament putra dan putri usia delapan sampai sembilan tahun, kemudian para pemula usia 10 sampai 11 tahun dan pemula usia 12 sampai 13 tahun. Dilanjutkan dengan usia 14 sampai 15 tahun, kelas Junior usia 15 sampai 17 tahun terakhir usia di bawah 21 dan senior.
 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023