Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya menyatakan kondisi keamanan menjelang pemilihan umum (pemilu) di Provinsi Aceh aman dan kondusif.

“Kondisi di Aceh saat ini sangat aman dan kita telah berkomitmen untuk memegang teguh untuk menjaga kondusivitas dan keamanan Aceh yang saat ini sangat aman,” kata Panglima Kodam IM usai menjadi inspektur upacara peringatan HUT ke-78 di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Kamis.

Ia menjelaskan Kodam Iskandar Muda bersama dengan Kapolda Aceh, Wali Nanggroe dan unsur Forkopimda Aceh telah berkomitmen untuk menjaga kondusivitas dan keamanan di Aceh.

“Kita akan terus berpegangan tangan dan bersinergi dengan seluruh unsur forkopimda untuk mewujudkan Aceh yang aman dan kondusif,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut ia juga menyampaikan TNI di jajaran Kodam Iskandar Muda tetap memegang teguh pada netralitas dalam pemilihan umum yang akan berlangsung pada tahun 2024.

“Perlu sampaikan lagi bahwa, TNI netral dalam pemilu,” katanya.

Pemilu 2024 terdiri pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI serta pemilihan anggota DPR provinsi dan DPR kabupaten kota.

Pemungutan suara pemilu legislatif dijadwalkan 14 Februari 2024. Pemungutan pemilu legislatif tersebut digelar serentak dengan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI.

Pemilu legislatif di Aceh, selain18 partai politik nasional juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh (PNA), Partai Geuneurasi Atjeh Beusaboh Tha'at (Gabthat), Partai Darul Aceh (PDA), Partai Aceh (PA), Partai Adil Sejahtera (PAS) Aceh, Partai Solidaritas Independen Rakyat Aceh (SIRA).
 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023