Singkil (ANTARA Aceh) - Proses rekapitulasi penghitungan suara pasangan calon bupati dan wakil bupati Aceh Singkil di media center Komisioner Independen Pemilihan (KIP) di Singkil, Kamis, ditunda, karena ada protes dari para saksi.

Penundaan sementara rekapitulasi penghitungan suara dari pihak Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Gunung Meriah diputuskan berdasarkan kesepakatan bersama Komisioner KIP,  Panitia pengawas, menyusul adanya protes dan intruksi dari para saksi.

Ketua KIP Aceh Singkil, Yarwin Adi Dharma mengultimatum salah seorang tamu bila terus menerus intruksi dan menyatakan rekapitulasi suara terkesan masif.

"Anda jangan mencoba mengatur jalannya proses rekapitulasi suara, saya pimpinan jalannya acara rekapitulasi, anda bisa saya tuding provokasi," kata Yarwin.

Sehingga proses rekapitulasi suara yang cukup alot tersebut kembali dilanjutkan oleh Kecamatan Kutabaharu, sementara dari Kecamatan Gunung Meriah tetap ditunda.

Sementara rekapitulasi suara untuk pasangan calon Gubernur dan Wagub Aceh sudah selesai pada Rabu (22/2) san pasangan Irwandi Yusuf - Nova Iriansyah memperoleh suara terbanyak Pilkada 15 Februari 2017, yakni dengan 26.772 suara.

Kemudian disusul pasangan Muzakir Manaf -T A Khalid dengan 16.247 suara dan paslon Tarmizi-Machsalmina hanya mengumpulkan 9.078 suara.

Selanjutnya paslon  Zaini - Nasaruddin 3.489 suara,  paslon nomor urut 3 Abdullah Puteh - Sayed Mustaf 2.378 suara dan paslon Zakaria - Alaidinsyah 1.394 suara.

Pewarta: Khairuman

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017