Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Unit Penjaminan Mutu (UPM) Politeknik Aceh melakukan audit mutu internal guna mengukur tingkat pencapaian kualitas lembaga pendidikan tahun sebelumnya.

"Audit mutu internal ini berlangsung sejak 20 hingga 28 Februari mendatang," kata Ketua Auditor Mutu Internal Politeknik Aceh Cut Yunina Eriva di Banda Aceh, Jumat.

Ia mengatakan, audit mutu internal merupakan program rutin tahunan sebagai bagian dari siklus sistem penjaminan mutu yang dilakukan oleh UPM Politeknik Aceh. Walaupun Politeknik Aceh telah terakreditasi B oleh BAN-PT, 
    
Cut Yunina Eriva menyebutkan, audit internal ini merupakan cara mengukur tingkat pencapaian mutu yang telah tercapai hingga akhir tahun 2016. Dari hasil audit tersebut, manajemen Politeknik Aceh dapat merumuskan kebijakan dan program yang tepat untuk meningkatkan mutu pendidikan.

"Politeknik Aceh harus terus meningkatkan mutunya secara berkelanjutan dan terencana agar visi dan misinya sebagai institusi pendidikan vokasi yang terdepan dalam menghasilkan lulusan produktif, inovatif, dan kompetitif dapat terwujud," ungkap dia.

Cut Yunina Eriva menyebutkan audit mutu internal ini dilakukan tidak hanya memotret proses pelaksanaan tridharma perguruan tinggi di semua program studi di Politeknik Aceh, tetapi juga mengevaluasi kualitas manajemen di seluruh unit, bagian dan bidang yang ada.

Hal ini sesuai dengan amanah Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi, di mana setiap perguruan tinggi harus memenuhi standar nasional perguruan tinggi.

Standar pendidikan tinggi itu meliputi standar nasional pendidikan, standar nasional penelitian, dan standar nasional pengabdian masyarakat, papar Cut Yunina Eriva
    
"Proses audit memakan waktu agak lama karena banyaknya unit diaudit. Sedangkan jumlah auditor masih terbatas. Namun begitu, proses audit mutu internal berjalan dengan lancar atas dukungan seluruh civitas akademika Politeknik Aceh," demikian Cut Yunina Eriva.

Pewarta: M Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017