Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Aceh   sedang mengupayakan adanya penyiaran peringatan dini terhadap bencana dari televisi melalui fitur Early Warning Sistem (EWS)- Set Tob Box (STB) .

"Kita telah melaksanakan rapat koordinasi perihal EWS-STB dalam rangka melakukan ujicoba peringatan dini bencana melalui televisi," kata Ketua KPI Aceh Faisal Ilyas, di Banda Aceh, Jumat.

Rapat koordinasi perihal itu melibatkan Diskominsa Aceh, sekolah, stakeholder kebencanaan terkait serta pimpinan perusahaan televisi di Aceh, di Banda Aceh.

Faisal menyampaikan, tujuan pertemuan tersebut bagian dari uji coba penanggulangan bencana gempa bumi dan tsunami di Banda Aceh melalui fitur EWS dalam TV Digital, serta mencoba sistem guna melengkapi berbagai sarana komunikasi peringatan dini yang sudah ada.

"Hasilnya, pada tanggal 26 Oktober 2023 kita lakukan uji coba yang melibatkan sekolah, warga sekitar dan instansi terkait di Banda Aceh,“ ujarnya.

Fitur ini, kata Faisal, menjadi bentuk persiapan masyarakat dalam menghadapi bencana, sekaligus dukungan terhadap implementasi dan upaya mempercepat realisasi siaran TV digital di Indonesia.

Sehingga, masyarakat bisa siaga atau bersiap untuk menghindari bahaya bencana dan bisa menyelamatkan diri. Akhirnya diharapkan korban jiwa dari sebuah musibah bencana dapat diminimalisir.

Menurut Faisal, salah satu keunggulan TV Digital adalah tersedianya EWS yang memberikan informasi dini pada pesawat televisi di rumah tentang adanya bencana.

“Evakuasi mandiri penanggulangan bencana gempa bumi dan tsunami di Banda Aceh melalui Fitur EWS-TV digital bagian dari uji coba sistem dan melatih melengkapi beragam sarana komunikasi peringatan dini yang sudah ada," katanya.

Faisal menambahkan, kegiatan tersebut nantinya bersifat kolaboratif yang melibatkan Direktorat Pitalebar Kominfo, KPI Pusat, KPI Aceh, Transmedia, Pemegang Mux di Aceh (TVRI Aceh, MNC, TransMedia, Metro TV, Emtek Grup, VIva), Ormas, serta instansi terkait Pemerintah Aceh.

Selain dari KPI Aceh, lanjut Faisal, rapat koordinasi itu juga menghadirkan perwakilan Direktorat Pengembangan Pitalebar Kominfo RI Agung S Utomo. Diharapkan, kegiatan uji coba EWS siaran digital ini adalah bagian dari peraturan Kominfo yang segera disahkan dalam waktu dekat. 

"Dalam ulasannya, Kominfo juga mengharapkan uji coba ini menjadi bagian dari membangun kesiapsiagaan bencana masyarakat melalui fitur teknologi," demikian Faisal Ilyas.

Baca juga: KPI harapkan lembaga penyiaran sajikan informasi sehat tentang pemilu

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023