Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Aceh Selatan menjadikan pagelaran Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8 di Banda Aceh sebagai ajang promosi pariwisata dari daerah tersebut.

"Kami menjadikan PKA sebagai ajang promosi pariwisata guna meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Aceh Selatan," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Selatan Muchsin yang dihubungi dari Banda Aceh, Kamis.

PKA ke-8 dipusatkan di Taman Sultanah Safiatuddin, Kota Banda Aceh, pada 4 hingga 12 November 2023. PKA merupakan ajang atraksi budaya dan pariwisata serta pameran pembangunan dan lainnya diikuti 23 pemerintah Kabupaten kota di Provinsi Aceh maupun UMKM dan badan usaha.

Baca juga: ASPPI: PKA dongkrak kunjungan wisatawan ke Aceh

Muchin mengatakan pihak saat ini sedang mempersiapkan materi promosi pariwisata Kabupaten Aceh Selatan yang akan ditampilkan di PKA. Materi promosi di antaranya audio visual berisi berbagai destinasi pariwisata serta brosur-brosur terkait kepariwisataan di Kabupaten Aceh Selatan.

"Beberapa destinasi pariwisata yang kami promosi di antaranya Tuan Tapa, Pulau Dua, kampung kuliner Lhok Rukam, Pantai Cemara dan lainnya. Sedang ikon pariwisata di Kabupaten Aceh Selatan adalah destinasi Tuan Tapa," katanya.

Sebelumnya, Muchin mengatakan pemerintah daerah terus berupaya mengembangkan sektor pariwisata di kabupaten pesisir selatan Provinsi Aceh tersebut. Pengembangan pariwisata telah memberi dampak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat.

"Pengembangan pariwisata melahirkan banyak UMKM. UMKM bermunculan di sekitar lokasi destinasi pariwisata, seperti usaha kuliner, suvenir, penginapan, dan lainnya," kata Muchsin.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan melalui Dinas Pariwisata terus mendorong hadirnya destinasi-destinasi pariwisata baru. Hadirnya daerah tujuan wisata baru tersebut turut berdampak pada pertumbuhan UMKM.

"Saat ini, antusias masyarakat di Kabupaten Aceh Selatan dalam mengembangkan destinasi pariwisata semakin meningkat, seperti wisata bahari maupun wisata alam di antaranya pemandian sungai dan lainnya," kata Muchsin.

Baca juga: Disbudpar: Dua negara pastikan hadir di PKA

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023