Untuk blogger di Aceh, berikut tips dan kiat mudah raih peringkat pertama di Google dari Muhammad Alvin Avanda. Sosok Muhammad Alvin Avanda Pakar SEO terbaik Indonesia ternyata berasal dari Aceh, yang terbilang memiliki karir yang cukup cemerlang dalam dunia digital di era saat ini.

Pencetus portal berita aceh acehground.com tersebut dikenal oleh kalangan SEO hingga ke mancanegara, tak heran jika dirinya memiliki relasi yang kuat di beberapa negara untuk berkolaborasi bisnis digital, terutama dalam pengembangan SEO.
Muhamamad Avanda Alvin menekuni dunia digital bermula dari inspirasinya dari salah satunya dari Mark Zuckerberg pemilik media sosial paling tersohor, yakni Facebook. 

Alvin, pria kelahiran Lhokseumawe 24 Juni 1999 ini terjun dalam dunia SEO sejak tahun 2009. SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, SEO sendiri adalah upaya untuk menjadikan suatu website agar dapat menduduki peringkat pertama, menurut Brian Dean, CEO Backlink, ada 200 faktor atau signal SEO yang harus disempurnakan untuk berhasil menduduki peringkat pertama, Backlink dan Konten adalah salah satu yang paling sakral/vital.

Baca juga: Cara mudah Download Lagu dari YouTube secara Offline, Tak pakai ribet

Karena itu, suatu kebanggaan dapat membuat website menjadi nomor satu pada halaman mesin pencarian seperti Google, uang hanyalah efek samping dari suksesnya suatu website meraih peringkat satu tersebut.

Anak dari pasangan alm Mohd Arskadius Abdullah dan Abidah ini memulai dunia blogging saat duduk di kelas Kelas 3 MIN Kuta Blang, Lhokseumawe sekitar tahun 2008-2009 lalu. 

"Dulu suka main game. Kemudian suka juga dengan dunia teknologi, suka iseng-iseng utak-atik isi komputer. Jadi semangatnya dulu itu bukan cari uang melainkan karena hobi atau passion. Bahkan waktu itu belum tahu bahwa ngeblog bisa menghasilkan uang," ungkap Alvin menceritakan masa lalunya. 

Mahasiswa Prodi Bahasa Inggris USK ini kemudian mulai mencari tahu bagaimana cara menghasilkan uang dari internet melalui mesin pencari Google. Saat itu konten yang ada di blognya masih seputar anime dan belum terlalu fokus mengelolanya untuk dijadikan ladang pendapatan. "Gajian pertama dari Adsense saat SMP (Pesantren Ulumuddin). Waktu itu senangnya luar biasa, padahal cuma cair sekitar sejutaan. Tapi untuk kita yang masih anak sekolah, itu sudah bahagia sekali," ungkapnya.

Pada saat SMA, Alvin memilih untuk home schooling agar bisa fokus mengelola blognya menjadi lebih profesional. Kerja keras tak mengkhianati hasil, di ulang tahun ke-17 Alvin mampu membelikan mobil dari hasil kerja kerasnya di dunia blogging bagi blogger Aceh

Berikut 15 Alasan SEO Dibutuhkan untuk Bisnis!
Melansir Forbes, SEO dibutuhkan untuk bisnis terutama jika kamu berencana membuatnya bertahan lama. Ini karena SEO menciptakan brand awareness jangka panjang, memperluas target audiens dan membantu bisnis meraih lebih banyak pendapatan.

Selain hal-hal di atas, berikut ini alasan lainnya mengapa SEO dibutuhkan untuk bisnis!

1. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Kredibilitas bisnis merupakan modal awal untuk membuatnya dapat bertahan lama. Oleh karena itu, SEO dibutuhkan untuk bisnis dalam hal ini. Ini karena yang berperingkat tinggi di halaman hasil mesin pencari biasanya dianggap berkualitas tinggi dan dapat dipercaya oleh mesin pencari, dan ini tentu dapat meningkatkan kredibilitas bisnis. 
Jangan lupa terus luangkan waktu untuk meningkatkan dan menambahkan konten ke situs yang kamu kelola, meningkatkan performa situs, dan meneliti kata kunci untuk membantu peringkat situs dapat menjadi lebih tinggi lagi.

2. Tidak Perlu Mengeluarkan Biaya Apapun
Alasan berikutnya mengapa SEO dibutuhkan untuk bisnis karena dapat memberikan traffic organik secara cuma-cuma alias gratis. SEO tidak memerlukan biaya apapun layaknya strategi pemasaran lainnya, seperti salah satu contohnya adalah bayar per klik. Dengan SEO, mesin pencari akan terus bergerak mengarahkan traffic ke situs milikmu 24/7, mempromosikan konten yang bermanfaat, dan membantumu menemukan pelanggan baru secara organik.

Untuk memaksimalkan upaya SEO, alokasikan sebagian waktu untuk meninjau konten di situs berperingkat lebih tinggi dalam niche untuk kemudian menulis konten yang lebih baik daripada milik mereka. 

3. Mendukung Pemasaran Konten
Konten original dan SEO bekerja bersama-sama, maka ketika kamu membuat konten yang bermanfaat bagi pengunjung, termasuk teks, gambar, dan video, peringkat situsmu akan lebih baik di hasil pencarian. 

Tetapi SEO juga dapat mendukung upaya pemasaran konten tersebut. Pastikan konten yang kamu unggah berkualitas tinggi dan dioptimalkan untuk kata kunci yang masuk dalam rangking pencarian. Selain itu, karena mesin pencari menyukai kesegaran konten dan tren, jangan lupa untuk perbarui konten di situs secara teratur.

Baca juga: Ytmp3 Pilihan Terbaik untuk konversi YouTube ke MP3 dengan Cepat dan Mudah

4. Memaksimalkan Penggunaan PPC
Meski SEO dibutuhkan untuk bisnis, tidak jarang perusahaan atau organisasi juga menggunakan PPC atau Paid Marketing Strategies yang berbayar. Walau demikian, ternyata keduanya bekerjasama dengan sangat baik, lho. PPC dapat membantu situs milikmu muncul di bagian atas hasil pencarian berbayar, sementara SEO melakukan hal yang sama secara organik. Memiliki kedua hasil yang muncul di bagian atas halaman hasil mesin pencari meningkatkan kredibilitas bisnis dan menunjukkan bahwa kamu tidak hanya membuang uang pada iklan untuk menjadi yang teratas.

Selain itu, kamu dapat menggunakan SEO untuk memaksimalkan kampanye PPC. Misalnya, halaman berperingkat tinggi mungkin lebih baik jika digunakan sebagai bagian dari iklan PPC, terutama jika kata kunci memiliki biaya per klik yang rendah.

5. Membantu Menjangkau Lebih Banyak Audiens
Sementara banyak kampanye pemasaran cenderung berfokus pada audiens target yang ditentukan, alasan SEO dibutuhkan untuk bisnis adalah karena dapat menarik siapapun yang memiliki kesesuaian dengan brand. 

Jika kamu menargetkan kata kunci, bukan demografi, sebanyak mungkin dengan PPC atau iklan sosial, kamu dapat menarik lebih banyak prospek yang mungkin tertarik untuk mengunjungi situs milikmu. Caranya mudah. Pertama, rangking terlebih dahulu kata kunci yang akan digunakan, kemudian, gunakan alat penelitian kata kunci untuk mengembangkannya. 

Terakhir, gunakan riset kompetitif untuk menyempurnakan daftarmu dengan mengidentifikasi siapa pesaing di bisnis yang sama, serta kata kunci apa yang mereka rangking dan di mana mereka memiliki backlinks, dan gunakan informasi ini untuk membuat strategi SEO yang lebih baik.

Tetapi yang perlu diketahui tidak semua pengunjung akan memberikan profit. Para pengguna mesin pencari biasanya akan mencari produk yang mereka inginkan dengan memakai kata kunci yang unik. Sehingga, mereka akan mendapatkan informasi-informasi atau rekomendasi yang tepat atas apa yang mereka inginkan. 

Jika mereka menemukan situs tepat dengan yang mereka cari, tentunya ini menjadi peluang yang besar, karena mereka akan menjadikan situs tersebut acuan dan sekaligus juga akan menjadi konsumer di situsmu. 

6. Meningkatkan Kegunaan Situs
Alasan SEO dibutuhkan untuk bisnis berikutnya adalah tentang membuat situs menjadi search engine friendly dan juga dapat meningkatkan pengalaman yang dirasakan pelanggan saat mengunjungi situs tersebut. 

Ketika optimasi SEO sudah diterapkan dengan baik, situs akan lebih mudah ditemukan dari berbagai kata kunci. Nah, dari sini kamu bisa menjangkau banyak audiensi menggunakan dari berbagai kata kunci yang berhubungan dengan topik utama kata kunci.

Contohnya, topik utama blog atau situs adalah kesehatan, maka ada banyak kata kunci berkaitan dengan kecantikan yang bisa kamu targetkan. Dari situ, konten yang direkomendasikan adalah kata kunci yang membahas tentang gejala-gejala penyakit, cara pola hidup sehat, cara menyembuhkannya, dan topic-topik lainnya yang berhubungan dengan kesehatan.

Jika kamu bekerja untuk menghasilkan konten yang bermanfaat dan berkualitas tinggi, membuat situs milikmu lebih cepat dan lebih responsif, menambahkan backlinks, dan menyempurnakan setiap halaman, ini dapat memaksimalkan kegunaan situs untuk mempromosikan brand di mesin pencari. 

Faktor-faktor yang meningkatkan kegunaan situs lainnya, termasuk struktur dan navigasi situs yang kuat, yang keduanya merupakan faktor bagaimana mesin pencari memberi peringkat situs.

7. Meningkatkan Brand Awareness
Kebanyakan orang biasanya melakukan pencarian terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli suatu barang. Hal ini dikarenakan tidak semua orang mengetahui produk yang akan dibelinya secara mendetail, misalnya mulai dari bentuk fisik, bahan, harga produk, manfaat produk, cara pakai, dan sebagainya.

Nah, ini adalah alasan SEO dibutuhkan untuk bisnis berikutnya karena kamu bisa bersaing dengan brand lainnya. Misal, kamu adalah pemilik brand tas ransel dan telah berhasil mengoptimasi keyword “tas ransel anti air”, maka setiap orang yang melakukan pencarian dengan kata kunci tersebut akan melihat situsmu di urutan pertama. Dengan demikian, popularitas brand juga akan semakin meningkat.
Semakin dikenalnya brand milikmu, maka akan semakin banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan. Misalnya saja, tingkat kepercayaan audiens yang meningkat, konversi audiens menjadi konsumen yang lebih tinggi, dan pada akhirnya meningkatkan penjualan produk.

8. Mendapatkan Data Konsumen
Banyak pelaku bisnis online yang bersedia mengeluarkan banyak uang untuk memasang iklan di berbagai media dengan tujuan untuk memperoleh data kontak seperti email, nomor ponsel, alamat, dan sebagainya dari audiens mereka. Dengan mengetahui data audiens, maka suatu brand akan lebih mudah mengenali karakteristik ataupun perilaku audiens, sehingga brand tersebut dapat mendekati audiens mereka dengan lebih personal.

Dalam dunia pemasaran, pendekatan secara personal dengan audiens ataupun konsumen adalah cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan, sekaligus meningkatkan loyalitas mereka sebagai konsumen. Untuk bisa memanfaatkan data audiens, kamu juga perlu layanan lain untuk menyimpan data base tersebut. Misalnya layanan autoresponder untuk membangun email list audiens yang pernah atau sering berbelanja di situsmu.

9. Meningkatkan Kualitas User Experience
User Experience (UX) yang baik adalah salah satu faktor kesuksesan suatu bisnis. Salah satu cara menigkatkan pengalaman pengguna adalah dengan membuat konten yang berguna bagi mereka.Semakin berguna konten yang kamu buat dan sesuai dengan search intent, maka Google akan menganggap website-mu penting dan layak masuk ke dalam Search Engine Result Page (SERP). Dengan begitu, tentunya juga akan meningkatkan traffic organic pada website-mu.

Dapat disimpulkan jika alasan SEO dibutuhkan untuk bisnis lainnya adalah dapat membuat website menjadi lebih SEO friendly yang juga akan meningkatkan kualitas user experience. 

10. Menjangkau Pasar Lokal
Selain dapat membantu menjangkau pasar internasional, tentunya alasan SEO dibutuhkan untuk bisnis yang lain yaitu dapat memaksimalkan performa bisnismu di tingkat lokal.

Metode local SEO cocok dilakukan untuk bisnis lokal berbasis lokasi seperti usaha rumahan, toko franchise, dan lain sebagainya. Kamu bisa mulai melakukan optimasi secara lokal dengan berfokus pada target pasar lokal. Termasuk pembuatan konten yang terkait dengan isu-isu lokal di wilayah tempat bisnismu berada.
Agar semakin ciamik, kamu juga bisa mengumpulkan testimoni melalui Google Review agar kredibilitas bisnis lokal mu semakin meningkat.

11. Investasi Jangka Panjang
SEO adalah investasi jangka panjang yang jika dilakukan secara konstan akan membuahkan hasil yang positif bagi perusahaan. Untuk itu, jadikanlah SEO sebagai investasi jangka panjang.
Penerapan SEO juga tidak bisa dilakukan secara instan. Hal ini karena “aturan main” SEO dapat selalu berubah-ubah. Sehingga, kamu harus selalu memantau dan mengikuti perkembangannya agar manfaat SEO yang kamu dapat terus maksimal.

12. Promosi Tanpa Kenal Waktu
Berbeda dengan iklan berbayar yang pada umumnya hanya dilakukan pada waktu tertentu, SEO bekerja untuk mempromosikan konten-konten di situs milikmu selama 7 hari seminggu, 24 jam sehari.
Ini membuat situsmu akan tetap bertahan di peringkat atas dan tidak akan hilang dalam semalam, kecuali jika melakukan pelanggaran terhadap ketentuan mesin pencari. Jadi, sekali menulis konten, promosi akan terus berjalan tanpa kenal waktu.

13. Meningkatkan Daya Saing
Para pebisnis pemula mungkin pada awalnya akan merasa kurang percaya diri untuk bersaing dengan perusahaan sejenis yang sudah lebih dulu ada dan tumbuh besar. Terlebih lagi dengan persaingan bisnis online yang makin hari makin ketat.

Sebetulnya tidak ada alasan untuk merasa minder karena Anda bisa meningkatkan daya saing dengan teknik SEO secara benar. Teknik ini sangat mudah dipelajari dan dipraktekkan.

Meskipun masih tergolong kecil dan baru, bisnis milikmu bisa memiliki daya saing yang kuat untuk berkompetisi dengan perusahaan yang lebih besar. Inilah mengapa SEO dibutuhkan untuk bisnis, bahkan yang skalanya masih kecil sekalipun.

14. Membantu Menyusun Strategi Bisnis
Mempermudah dalam proses penyusunan strategi bisnis ternyata merupakan alasan lainnya mengapa SEO dibutuhkan untuk bisnis.
Saat menggunakan teknik SEO pada situs, kamu akan bersinggungan dengan Google Analytics. Melalui tool dari Google ini, kamu akan memiliki akses dan mendapatkan data-data penting yang berkaitan dengan situs bisnis yang sangat berguna bagi kamu untuk menyusun strategi dalam rangka mengembangkan bisnis.

Data-data tersebut di antaranya:
  • Jumlah pengunjung situs
  • Demografi pengunjung situs
  • Halaman situs yang paling sering dikunjungi dan yang paling jarang dibuka
  • Durasi waktu membuka halaman situs

15. Membuat Metode Promosi Menjadi Lebih Menarik
Alasan SEO dibutuhkan untuk bisnis yang terakhir adalah membuat metode promosi dari brand menjadi lebih menarik di mata audiens.
Teknik promosi secara konvensional pada umumnya bersifat menginterupsi, seperti iklan di media sosial (sponsored post), televisi, atau portal berita online, spam email, dan panggilan telepon. Saat ini, cara beriklan seperti itu sudah tidak menarik lagi, bahkan dianggap mengganggu.

Dengan menggunakan teknik SEO, kamu bisa menghindari cara beriklan yang membuat orang merasa tidak nyaman dan terganggu. Konten yang baik justru akan membuat masyarakat mengenal bisnis milikmu secara positif dan memberikan prospek yang sangat baik dalam meningkatkan penjualan.

Kesimpulan
Nah, setelah membaca informasi di atas, kini kamu sudah tahu 15 alasan SEO dibutuhkan untuk bisnis, baik bisnis besar maupun masih skala perorangan. Di era modern ini, segala bisnis perusahaan tidak bisa lepas dari pemasaran lewat internet, baik itu Media Sosial, website, email, dan sebagainya. Semua orang berkompetisi memproduksi konten terbaik, saat itulah pentingnya SEO menjadi bukti sebagai peran suksesnya bisnis perusahaan.

Bagi Anda yang butuh jasa SEO profesional untuk tingkatkan pemasaran bisnis, Anda bisa menggunakan jasa SEO terpercaya dari Sribu untuk proses optimasinya itulah alasan SEO penting menurut pakar SEO Muhammad Avanda Alvin.

Baca juga: Begini tips gunakan Mp3 Juice, website terbaik untuk download lagu secara Offline

Pewarta: Redaksi Antara Aceh

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023