Polres Aceh Jaya mencatat setidaknya terdapat 27 orang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas dalam wilayah hukum Aceh Jaya selama 2023, meningkat dibandingkan tahun lalu.

"Jumlah korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas 2023 meningkat dari tahun 2022 yang hanya 12 orang," kata Kasat Lantas Polres Aceh Jaya, Iptu Asy'ari, di Banda Aceh, Jumat.

Ia menjelaskan, meski tingkat korban meninggal dunia meningkat tajam dibandingkan dengan tahun lalu. Tetapi untuk jumlah kasus laka lantasnya sendiri mengalami penurunan.

Baca juga: Kronologi Ambulans bawa pasien melahirkan terjun ke sungai di Pidie

Di mana, jumlah kasus laka lantas pada 2022 itu mencapai 94 kejadian, sedangkan tahun ini hanya 62 kecelakaan.

Sementara itu, jumlah korban luka ringan juga terjadi penurunan, di mana pada 2022 sebanyak 121 orang, sedangkan pada 2023 83 orang.

"Untuk jumlah kerugian material ada peningkatan, di mana pada 2022 sebesar Rp163,5 juta, sedangkan 2023 sebesar Rp272 juta," ujarnya.

Dalam kesempatan ini ia menuturkan bahwa berdasarkan hasil olah TKP, kebanyakan kasus laka lantas itu terjadi karena kelalaian sopir saat berkendara. 

"Karena itu kedepan kita akan melakukan berbagai upaya untuk pencegahan. Semoga kedepan lebih menurun kasus lakalantas," demikian Iptu Asy'ari.

Baca juga: Ditlantas Aceh imbau masyarakat tidak lepas ternak di jalan raya, banyak jadi pemicu Lakalantas

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023