Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto menyerahkan bantuan dari masyarakat Aceh Besar untuk rakyat Palestina sebesar Rp277,4 juta di Kedubes Palestina di Jakarta.
 
“Alhamdulillah, kita sudah serahkan secara simbolis donasi untuk Palestina dan diterima Wakil Dubes Palestina, Mr Muammar Milhem,” kata Iswanto saat dihubungi di Banda Aceh, Jumat.
 
Ia menjelaskan, bantuan yang diserahkan secara simbolis tersebut merupakan donasi dari Keluarga Besar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Besar.
 
Menurut Iswanto, sebelumnya telah banyak sumbangan atau donasi dari semua elemen di Aceh Besar, termasuk dari jajaran Forkopimda yang telah disalurkan untuk rakyat Palestina.
 
"Bantuan untuk Rakyat Palestina ada yang disalurkan secara langsung maupun dengan cara transfer melalui lembaga-lembaga resmi yang consern dengan bantuan kemanusiaan untuk rakyat sipil korban perang di Palestina, terutama di jalur Gaza," katanya.
 
Ia mengatakan, keluarga besar Pemkab Aceh Besar, seperti donasi dari beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) serta elemen lain di Aceh Besar, juga telah menyalurkan bantuan dalam donasi untuk rakyat Palestina.
 
Seluruh rakyat Aceh Besar memberikan dukungan kepada perjuangan rakyat Palestina melawan agresi zionis Israel.
 
“Kami adalah bagian dari rakyat Palestina yang ikut merasakan betapa getirnya nasib saudara kami di Palestina terutama di jalur Gaza,” kata Iswanto.
 
Muhammad Iswanto juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen dan Forkopimda Aceh Besar, yang telah ikut menginisiasi terhimpunnya bantuan untuk rakyat Palestina selama ini.
 
“Sudah menjadi kewajiban kita untuk membantu sesama muslim, terutama dari sisi kemanusiaan dan menegakkan hak azasi manusia. Insya Allah rasa peduli dan empati itu akan terus membumi di hati warga Aceh Besar,” kata Iswanto.
 
Ia menambahkan, bantuan yang disalurkan langsung melalui Kedubes merupakan wujud perhatian dan solidaritas dari Keluarga Besar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Besar, untuk meringankan penderitaan rakyat Palestina.
 
"Bantuan yang kita salurkan ini akan terus berlanjut sebab penggalangan juga masih terus dilakukan oleh masyarakat dan instansi lainnya," katanya.
 
Wakil Dubes Palestina Mr Muammar Milhem mengatakan, atas nama pribadi dan seluruh rakyat Palestina, ia menyampaikan terima kasih kepada rakyat serta seluruh elemen di Aceh Besar.
 
“Insya Allah dalam waktu dekat, kami akan berkunjung ke Aceh Besar untuk berterima kasih dan mengapresiasi langsung ke rakyat Aceh Besar, atas empati dan simpati luar biasa yang selama ini diberikan kepada kami rakyat Palestina,” kata Mr Muammar.
 
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Besar Bahrul Jamil mengatakan, bantuan tersebut merupakan sumbangan dari dewan guru, siswa dan orang tua murid di Aceh Besar, guna membantu rakyat Palestina.
 
Adapun donasi yang diserahkan oleh Pj Bupati Aceh Besar melalui Kedubes Palestina sebesar Rp227 juta lebih tersebut, terdiri atas sumbangan dari jenjang sekolah SMP sebesar Rp68 juta, SD sebesar Rp160 juta, Taman Kanak-kanak Rp36 juta, dan Pendidikan Anak Usia Dini Rp11 juta.
 
"Kami menyampaikan terima kasih atas semua bantuan dan dukungan dari dewan guru dan para anak didik serta orang tua. Semoga sumbangan yang kita berikan dapat sedikit meringankan beban saudara-saudara kita di Palestina dari penjajahan zionis Israel," kata Bahrul Jamil.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024