Sebuah rumah permanen milik Syukri (48) di Gampong Geulima Jaya, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya, terbakar pada Kamis (25/1/2024) sore. 
 
"Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian materi diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah," kata Kepala BPBK Abdya Armayadi.
 
Armayadi mengatakan, pihaknya menerima laporan kebakaran rumah tersebut dari masyarakat sekitar pukul 17.45 WIB. 
 
Kemudian Ia langsung memerintahkan Sekretaris BPBK dan Kabid Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Penanggulangan Kebakaran untuk menurunkan empat unit armada damkar ke lokasi kejadian.
 
“Kami menurunkan tiga unit damkar dari Pos Induk Blangpidie dan satu unit dari Pos Kuala Batee. Kami juga dibantu oleh TRC BPBK, RAPI, TNI, Polri, dan masyarakat setempat,” ujarnya.
 
Armayadi menambahkan, api berhasil dipadamkan dan dilakukan pendinginan pada pukul 19.00 WIB.
 
Ia mengatakan, penyebab kebakaran masih dalam proses penyelidikan. Namun, ia menduga ada korsleting listrik yang memicu api.
 
“Kami masih menyelidiki penyebab pasti kebakaran. Tapi, kami menduga ada korsleting listrik di rumah korban. Kami mengimbau kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati dan memeriksa instalasi listrik di rumah,” katanya.
 
Sementara itu, cuaca di wilayah Abdya pada saat kejadian terpantau cerah berawan. Menurut data BMKG, suhu udara mencapai 25 derajat Celsius, kelembaban 90 persen, kecepatan angin nol kilometer per jam, arah angin tenang, dan tinggi gelombang nol sampai 0,5 meter.

Baca juga: Pesantren di Aceh Besar terbakar akibatkan dua korban, begini kronologinya
Baca juga: 200-an santriwati dipulangkan karena asrama terbakar di Aceh Besar

Pewarta: Suprian

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024