Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Aceh Kombes M Iqbal Alqudusy selaku perwira pengamat wilayah (pamatwil) di Polres Aceh Timur menekankan netralitas kepada 846 personel yang akan ditugaskan untuk mengamankan tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilu 2024.

"Tugas rekan rekan adalah fokus menjamin keamanan jalannya pemungutan dan perhitungan suara dengan seksama serta melaporkan dinamika yang terjadi di TPS, Untuk itu, setiap personel juga harus menjaga netralitas serta profesionalisme dalam bertindak dan siap menjaga demokrasi," ujar M Iqbal di Aceh Timur, Senin.

Pernyataan tersebut disampaikan M Iqbal Alqudusy saat memimpin apel personel pengamanan TPS di Lapangan Sarja Arya Racana Polres Aceh Timur.

Iqbal mengatakan peran Polri dalam pemilu ini sangatlah penting, yaitu untuk menjaga keamanan dan ketertiban, sehingga pesta demokrasi ini dapat berjalan dengan lancar dan kondusif. Oleh karena itu, personel yang terlibat pengamanan TPS agar memahami pola pengamanannya.

"Tugas pengamanan TPS merupakan tanggung jawab besar yang harus diemban dengan penuh dedikasi dan profesionalisme," katanya. 

Perwira menengah Polda Aceh itu menyebutkan bahwa personel Polres Aceh Timur dan BKO Polda Aceh yang disiapkan untuk pengamanan 1.095 TPS sebanyak 846 orang. Dari jumlah tersebut, 602 personel pengamanan TPS, 21 pamatwil dan 223 personel siaga.

Mantan Kabid Humas Polda Jawa Tengah itu berpesan kepada seluruh personel pengamanan TPS baik BKO Polda Aceh dan organik Polres Aceh Timur untuk tetap menjaga kesehatan, melaksanakan pengamanan dengan humanis.

"Laksanakan tugas pengamanan ini dengan penuh rasa tanggung jawab, disiplin, dan profesional. Hindari arogansi serta salah dalam bertindak karena  akan berdampak buruk pada institusi Polri. Jaga pesta demokrasi ini agar berjalan aman, lancar, dan kondusif," pungkas M Iqbal Alqudusy.

Baca juga: Polda Aceh catat 11 korban meninggal dunia selama operasi lilin

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024