Harga cabai merah di Pasar Induk Lambaro turun yakni dari Rp45 ribu per kilogram menjadi Rp43 ribu menyusul banyaknya pasokan dari daerah penghasil ke pasar tersebut.

“Secara umum harga kebutuhan pokok stabil menjelang hari pemilihan umum (Pemilu) 2024 dan khusus untuk komoditas cabai merah dan bawang putih mengalami penurunan harga,” kata Plt Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Aceh Besar Trizna Dharma di Lambaro, Selasa.

Ia menjelaskan harga cabai mengalami turun sekitar 4,4 persen dibanding sehari bawang putih Rp35 ribu  per kilogram dari sebelumnya Rp37 ribu atau turun sekitar 7,8 persen akibat banyaknya pasokan barang yang masuk ke pasar, sehingga harga mengalami penurunan.

Kemudian untuk harga kebutuhan pokok lainnya seperti beras medium Rp13.300 per kilogram, premium14 ribu per kilogram dan beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pasar (SPHP) Rp11.500 per kilogram.

Kemudian untuk gula pasir curah RpRp17 ribu per kilogram, minyak goreng curah Rp13.500 per kilogram dan telur ayam ras Rp24 ribu per kilogram dan tepung terigu Rp14 ribu per kilogram.

 Menurut dia secara umum harga kebutuhan pokok di pasar induk Lambaro Kabupaten Aceh Besar masih stabil dan pihaknya tidak melakukan pemantauan khusus menjelang hari pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Pemungutan suara pemilu legislatif dijadwalkan 14 Februari 2024. Pemungutan pemilu legislatif tersebut digelar serentak dengan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI.

“Saat ini kita hanya melakukan pemantauan rutin. Jika seandainya ada kenaikan harga yang tinggi baru kita akan melakukan langkah-langkah antisipatif,” katanya.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024