Asosiasi Provinsi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Aceh menggandeng eks pelatih tim nasional (timnas) Fachri Husaini untuk menyeleksi atlet cabang olahraga sepak bola Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024.

Ketua Asosiasi Provinsi PSSI Aceh Nazir Adam di Banda Aceh, Jumat, mengatakan Fachri Husaini merupakan pelatih tim Aceh pada PON di Provinsi Papua pada 2021. 

"Kami sudah menghubungi Fachri Husaini dan bersedia menyeleksi atlet sepak bola yang akan dipersiapkan pada PON. Nantinya, seleksi kami serahkan sepenuhnya kepada Fachri Husaini," kata Nazir Adam.

Nazir Adam mengatakan atlet yang diseleksi nantinya merupakan hasil seleksi tahap awal serta seleksi dari Pekan Olahraga Aceh (PORA) pada 2022 di Kabupaten Pidie, serta dari penjaringan dari kompetisi Liga 3 Wilayah Aceh 

Dari hasil seleksi tahap awal tersebut, didapat sekitar 100 atlet atau pemain sepak bola potensial untuk memperkuat cabang olahraga sepak bola pada PON 2024, di mana Aceh menjadi ruang rumah bersama dengan Sumatera Utara.

"Atlet yang diseleksi tersebut nantinya kelahiran 2003 ke atas. Kami berharap Fachri Husaini menyeleksi atlet-atlet terbaik untuk PON 2024. Di mana, Aceh menjadi tuan rumah cabang olahraga sepak bola," katanya.

Nazir Ada mengatakan atlet yang lolos seleksi nanti sebanyak 24 orang. Selanjutnya, mereka akan menjalani pemusatan latihan daerah (pelatda). Pelatda cabang olahraga sepak bola direncanakan pada Maret 2024.

Terkait pelatih tim PON, Nazir Adam mengharapkan Fachri Husaini bisa kembali melatih anak-anak Aceh, seperti PON sebelumnya di Provinsi Papua. Namun, keputusan tersebut tergantung kepada mantan pelatih tim nasional tersebut.

"Pada PON di Provinsi Papua, tim sepak bola Aceh di bawah asuhan Fachri Husaini berhasil meraih medali perak. Untuk PON 2024 ini, target yang dibebankan adalah juara, meraih medali emas," kata Nazir Adam.

Baca juga: Persiraja fokus latihan fisik dan taktikal jelang semifinal Liga 2

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024