Majelis Adat Aceh (MAA) mendukung gerakan pelestarian adat dari tingkat tapak yang dibalut dengan perlombaan dari tingkat gampong atau desa, seperti yang dilakukan oleh Tim Penggerak PKK di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya).

"Lomba ini bertujuan untuk melestarikan nilai-nilai adat dan budaya lokal, serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan," kata Ketua Majelis Adat Aceh (MAA) Abdya, T Cut Amri, di Blangpidie, Ahad. 

Cut Amri mengapresiasi Tim Penggerak PKK Gampong Padang Bak Jok, Kecamatan Tangan-Tangan, yang melestarikan adat lokal dengan menggelar aneka lomba kebudayaan antar dusun di desa setempat.

Adapun lomba tersebut diikuti oleh empat dusun di Gampong Padang Bak Jok, yaitu Dusun I, II, III, dan IV. Berlangsung selama tiga hari, mulai dari Minggu (25/2) hingga Selasa (27/2). 

Menurutnya, lomba kebudayaan ini terdiri dari beberapa cabang yakni lomba memasak, hias hidangan bu bisan (nasi besan), merangkai sirih, merangkai biluluk, dan kebersihan lingkungan.

Menurut dia, upaya TP PKK Gampong tersebut sebagai bentuk melestarikan kebudayaan daerah.

"Ini yang perdana, dan patut di contoh untuk menjaga nilai-nilai adat agar tidak lekang dimakan zaman. Kita perlu bangga dengan warisan adat kita, kami sangat menyambut baik,” ujarnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh anggota MAA Abdya, Ketua dan Anggota TP-PKK Kecamatan Tangan-Tangan, Imum Mukim di Tangan-Tangan, Pendamping Desa, Ketua TP-PKK Gampong dalam Kecamatan Tangan-Tangan, dan seluruh masyarakat Gampong Padang Bak Jok.

Ketua Panitia Pelaksana Zuhra Irwanda menyatakan, kegiatan ini berjalan dengan aman dan lancar, mulai dari rangkaian pembukaan, perlombaan, hingga makan bersama. 

“Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan motivasi bagi masyarakat Gampong Padang Bak Jok untuk lebih peduli terhadap adat dan lingkungan,” katanya.

Dalam kesempatan ini, Ketua TP-PKK Gampong Padang Bak Jok, Ayu Wandira mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan memohon maaf jika masih banyak yang kurang.

“Kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas terselenggaranya kegiatan ini kepada semua panitia dan masyarakat Gampong Padang Bak Jok, dan semua pihak yang telah mendukung," demikian Ayu Wandira.


Baca juga: Serangan penyakit dari Ganoderma ancam tanaman sawit di Abdya, begini dampaknya

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024