Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Timur mengapresiasi Kementerian Sosial (Kemensos) RI yang fokus mengatasi kemiskinan, khususnya di kawasan pedalaman di kabupaten tersebut.

Penjabat Bupati Aceh Timur Mahyuddin di Aceh Timur, Kamis, selama ini Kementerian Sosial RI terus menyasar kawasan pedalaman di Kabupaten Aceh Timur dalam memberantas kemiskinan. 

"Kami juga berharap pemberantasan kemiskinan di Kabupaten Aceh Timur oleh Kementerian Sosial terus berlanjut dan tidak hanya di pedalaman, tetapi juga desa-desa lainnya sesuai dengan usulan kepala desa melalui Dinas Sosial," katanya.

Sebelumnya, Menteri Sosial RI Tri Rismaharini berkunjung ke Kabupaten Aceh Timur, Rabu (28/2). Dalam kunjungan tersebut, Menteri menyerahkan rumah bantuan dan bantuan pemberdayaan ekonomi.

Dalam kunjungan tersebut, Menteri Sosial mendorong masyarakat Desa Seunebok Simpang, Kecamatan Darul Aman, Kabupaten Aceh Timur, untuk bisa memproduksi minyak goreng sendiri agar bisa hidup mandiri secara ekonomi.

"Potensi kelapa sepanjang jalan kita melihat banyak. Nanti kami akan bantu peralatan agar masyarakat bisa memproduksi minyak goreng di sini," kata Tri Rismaharini.

Selain itu, Tri Rismaharini juga menawarkan ibu rumah tangga (IRT) untuk dilatih membuatkan kerudung atau jilbab. 

Dia mengaku siap mendatangkan pelatih untuk mengajari IRT di daerah pedalaman Aceh Timur itu untuk membuat kerudung, sehingga kaum ibu memiliki usaha yang dapat dijual ke pasaran.

 "Jika ibu-ibu siap, maka kami akan melatih ibu-ibu dan memberikan peralatan untuk membuat kerudung di sini, sehingga ke depan masyarakat bisa hidup mandiri secara ekonomi," kata Tri Rismaharini.
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024