Dinas Perkebunan, Peternakan, dan Kesehatan Hewan Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh, mengatakan persediaan hewan ternak untuk tradisi meugang menyambut bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah atau 2024 Masehi di kabupaten kepulauan tersebut mencukupi.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Peternakan di Dinas Perkebunan, Peternakan, dan Kesehatan Hewan Kabupaten Simeulue Kurniawan di Simeulue, Kamis, mengatakan persediaan hewan ternak untuk tradisi meugang lebih dari 400 ekor.

"Ketersediaan ternak untuk kebutuhan tradisi meugang menyambut bulan puasa tahun ini mencukupi. Persediaan mencapai 400 ekor lebih, terdiri dari sapi dan kerbau," kata Kurniawan.

Meugang merupakan tradisi masyarakat Aceh menjelang Ramadhan maupun Idul Fitri dan Idul Adha. Dalam tradisi tersebut, masyarakat membeli dan mengonsumsi daging sapi kerbau, maupun kambing lebih banyak dari hari biasanya. Tradisi tersebut sudah diperingati sejak masa kesultanan, terutama Sultan Iskandar Muda.

Kurniawan mengatakan hewan ternak untuk disembelih pada tradisi meugang masih sama dengan kebutuhan tahun sebelumnya. Hewan ternak yang disembelih pada saat tradisi meugang dua hari sebelum puasa diperkirakan mencapai 10 ekor untuk setiap kecamatan

"Perkiraan kebutuhan ternak setiap satu kecamatan pada saat tradisi meugang nanti berkisar 10 ekor. Kabupaten Simeulue memiliki 10 kecamatan," kata Kurniawan. 

Kurniawan memastikan semua hewan ternak yang disembelih pada saat tradisi meugang dalam kondisi sehat dan terbebas oleh penyakit. Petugas kesehatan hewan secara berkala memeriksa kesehatan hewan ternak yang diperjualbelikan pada saat tradisi meugang nanti.

"Kami juga mengerahkan tim memeriksa kesehatan hewan ternak untuk kebutuhan tradisi meugang. Dan ini untuk memastikan agar daging yang dikonsumsi masyarakat aman, bersih dan sehat," kata Kurniawan.

Kabupaten Simeulue merupakan wilayah kepulauan terluar di Provinsi Aceh. Pulau Simeulue berada di Samudra Hindia yang jaraknya sekitar 180 mil laut dari pesisir barat Pulau Sumatra.

Kabupaten Simeulue merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat sejak tahun 1999. Kabupaten Simeulue memiliki 10 kecamatan dengan 138 gampong atau desa yang dihuni sekitar 94 ribuan jiwa.
 

Pewarta: Ade Irwansah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024