Kepolisian Resor (Polres) Aceh Timur meningkatkan patroli pada bulan puasa guna mencegah pencurian kendaraan bermotor (curanmor), terutama pada saat masyarakat melaksanakan shalat tarawih.

Kapolres Aceh Timur AKBP Nova Suryandaru di Aceh Timur, Senin, mengingatkan jamaah shalat tarawih memasang kunci ganda ketika memarkirkan kendaraan roda dua di halaman masjid atau surau, sehingga ruang gerak pelaku kejahatan semakin sempit.

"Kepolisian akan meningkatkan patroli selama Ramadan. Kejahatan seperti pencurian sepeda motor di rumah-rumah ibadah itu akan terjadi di saat jamaah lengah alias tidak menambah kunci ganda," kata Kapolres.

Oleh karenanya, mantan Kapolres Aceh Selatan ini mengingatkan agar jamaah shalat tarawih selalu memberikan kunci ganda di saat melaksanakan salat, apalagi shalat tarawih itu memakan waktu minimal 1,5 jam hingga selesai.

"Kami yakin, BKM di setiap masjid memberdayakan remaja masjid, sehingga lebih menjamin keamanan di sekitar masjid," kata Nova Suryandaru.

Ia mengatakan personel setiap polsek harus melakukan patroli ke lorong-lorong untuk mengantisipasi berbagai aksi kejahatan saat umat Islam melaksanakan shalat tarawih.

Bulan yang penuh berkah ini, kata Kapolres, tentu harus diwarnai dengan nuansa saling berbagi antar sesama. Bulan Ramadhan harus diikuti dengan berpuasa sebulan penuh dan melaksanakan ibadah sunah lainnya.

"Kami mengucapkan selamat menyambut bulan suci Ramadan 1445 Hijriah. Mari kita sambut datangnya bulan yang suci ini dengan kebersihan dan kemurnian hati. Semoga Allah SWT meridhoi setiap amalan dan ibadah yang kita laksanakan," katanya.

Kerinduan terhadap bulan suci Ramadan 1445 Hijriah akan segera terobati, sehingga sudah layak dan sepantasnya umat Islam untuk menyambutnya dengan penuh kegembiraan. 

"Mari kita isi bulan yang penuh ampunan ini dengan tadarus, minimal khatam 30 juz Al Quran selama sebulan, insya Allah," kata Kapolres.

 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024