Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Aceh Selatan menargetkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di kabupaten pesisir barat selatan Provinsi Aceh itu sebesar 4,32 persen pada 2025.

Penjabat Bupati Aceh Selatan Cut Syazalisma di Aceh Selatan, Senin, mengatakan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Aceh Selatan terus meningkatkan dalam rentang waktu dua tahun terakhir.

"Pertumbuhan ekonomi dalam dua tahun terakhir ini mengalami peningkatan seiring membaiknya perekonomian masyarakat. Jadi pada 2025, kami menargetkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Aceh Selatan sebesar 4,32 persen," kata Cut Syazalisma.

Pernyataan tersebut disampaikan Cut Syazalisma pada musyawarah perencanaan pembangunan dan penyusunan rencana kerja Pemkab Aceh Selatan tahun anggaran 2025.

Pj Bupati Aceh Selatan itu menyebutkan laju pertumbuhan ekonomi masyarakat pada 2023 sebesar 4,2 persen. Pertumbuhan ekonomi tersebut meningkat dibandingkan pada 2022 sebesar 3,11 persen.

"Berbagai upaya akan dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat tersebut, di antaranya mengembangkan sentra-sentra produksi seperti pertanian yang menjadi sektor andalan Kabupaten Aceh Selatan," katanya.

Selain pertumbuhan ekonomi, Pemkab Aceh Selatan juga berupa menurunkan persentase kemiskinan pada 2025. Persentase kemiskinan pada 2025 ditargetkan sebesar 11,7 persen.

Cut Syazalisma mengatakan persentase kemiskinan di Kabupaten Aceh Selatan pada 2023 sebesar 12,1 persen. Persentase tersebut menurun dibandingkan pada 2022 yang mencapai 12,43 persen.

"Kami optimis target penurunan kemiskinan hingga 11,7 persen pada 2025 dapat tercapai. Dan ini juga sejalan dengan upaya pemerintah daerah meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi masyarakat," kata Cut Syazalisma.

Baca juga: Pemkab Aceh Selatan gelar rembuk stunting
 

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024