Dua partai politik nasional yakni Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Banda Aceh mulai membuka penjaringan atau pendaftaran bakal calon Wali dan Wakil Wali Kota Banda Aceh untuk Pilkada 2024.

"PAN membuka penerimaan pendaftaran calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banda Aceh," kata Sekretaris DPD PAN Kota Banda Aceh, Rahmat Djailani, di Banda Aceh, Senin.

Rahmat mengatakan, PAN menerima pendaftaran bagi siapa saja yang berniat untuk maju sebagai calon pemimpin Banda Aceh pada Pilkada nanti, tidak mesti harus dari kader partai.

"Siapa saja boleh daftar. Tetapi tentu saja harus memenuhi syarat, baik syarat yang ditetapkan oleh UU maupun dalam peraturan organisasi PAN," ujar Rahmat.

Baca juga: Gerindra Aceh buka pendaftaran calon kepala daerah 2024

Bagi yang berminat, kata dia, dapat mengambil formulir pendaftaran dan segera memenuhi syarat administrasi yang ditentukan mulai 2 sampai dengan 5 April 2024.

Penjaringan juga dibuka DPD PKS Kota Banda Aceh, pihaknya sudah membentuk tim penjaringan kepala daerah untuk menghadapi Pilkada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banda Aceh 2024. 

"Kita sudah bentuk tim penjajakan dan penjaringan sejauh mana elektabilitas dan popularitas para calon yang memiliki potensi maju di Pilkada, baik dari kader PKS maupun tokoh eksternal," kata Ketua PKS Banda Aceh, Farid Nyak Umar.

Farid mengatakan, hingga saat ini PKS menerima banyak masukan terkait calon Wali Kota yang nantinya akan diusung pada Pilkada, November 2024. 

Sejumlah kader terbaik PKS sudah masuk dalam radar kandidat calon Wali Kota yang bakal diusung, dan PKS juga menerima masukan dari berbagai kalangan terkait sosok pimpinan kota ke depan. 

"Kita terus melakukan pematangan terkait sosok calon Wali Kota, apalagi sebagai pemenang Pemilu 2024 di Banda Aceh, banyak harapan warga kota agar kader PKS bisa memimpin," ujarnya.

Farid menambahkan, sebagai partai pemenang Pemilu 2024, PKS tentu akan memaksimalkan usaha agar bisa mencalonkan kandidat terbaik untuk Wali Kota Banda Aceh. 

Maka, dalam proses penjaringan calon, PKS akan membuka saluran komunikasi dengan semua komponen kota, baik secara pribadi maupun kelembagaan. 

"Meski PKS bisa mengajukan calon secara mandiri, kami membangun komunikasi dengan Parpol lain dan semua kalangan agar kandidat Wali Kota Banda Aceh ke depan bisa menjawab harapan warga kota," demikian Ketua DPRK Banda Aceh itu.

Baca juga: Pileg usai, Nasdem Aceh tegaskan fokus hadapi Pilkada

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024