Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Kepala Dinas Peternakan Provinsi Aceh Zulya Zaini menyatakan persediaan sapi dalam menghadapi meugang (hari pemotongan hewan) Ramadhan 1438 Hijriah di Aceh sebanyak 19.903 ekor atau cukup untuk memenuhi permintaan masyarakat.

"Alhamdulillah persediaan sapi dan kerbau untuk meugang Ramadhan 1438 Hijriah mencukupi untuk memenuhi permintaan daging dari masyarakat," katanya di sela-sela meninjau harga pasar di Aceh Besar, Senin.

Ia menyebutkan persediaan ternak sapi dan kerbau dalam menghadapi meugang Ramadhan 24 sampai 25 Mei sebanyak 33.224 ekor terdiri dari sapi sebanyak 19.903 ekor dan kerbau sebanyak 13.321 ekor.

Kemudian kambing sebanyak 31.804 ekor dan untuk unggas sebanyak 1.408.229 ekor.

"Persediaan ternak sapi, kerbau, kambing dan unggas tersebut tersebar di seluruh kabupaten/kota di Aceh," katanya
   
Zulya Zaini juga mengatakan pihaknya akan menurunkan tim untuk memeriksa kesehatan hewan ternak menjelang hari meugang sehingga ternak yang akan disembelih terjamin kesehatannya.

"Artinya, kita tetap memastikan agar daging sapi yang dijual di pasaran tersebut aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat," katanya.

Dalam sidak pasar tersebut turut dihadiri Direskrimsus Polda Aceh Kombes Pol Armensyah Thay, Kepala BI Perwakilan Aceh Ahmad Farid, Kepala Bulog Divre Aceh Fatah Yasin, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Aceh, Syaiba Ibrahim, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Mulyadi Nurdin serta sejumlah kepala SKPA.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017