Badan SAR Nasional (Basarnas) Banda Aceh menyiagakan sebanyak 109 personel untuk operasi pertolongan dan penyelamatan masyarakat di Provinsi Aceh pada libur hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah atau 2024 Masehi.

"Kami menyiagakan 102 personel untuk operasi pertolongan dan penyelamatan libur lebaran pada tahun ini," kata Kepala Basarnas Banda Aceh Ibnu Harris Al Hussain di Banda Aceh, Selasa.

Ibnu Harris mengatakan seratusan personel tersebut disiagakan di tujuh pos di Aceh dan kapal SAR KN Kresna. Tujuh pos SAR tersebut yakni Pos Banda Aceh dengan jumlah personel sebanyak 36 orang.

Kemudian, Pos SAR Meulaboh sebanyak 10 personel. Pos SAR Kutacane sebanyak 10 personel. Sedangkan Pos SAR Langsa sebanyak sembilan personel, Pos SAR Sabang dengan personel yang siaga tujuh orang.

"Serta Pos SAR Bireuen sebanyak 10 personel dan Pos SAR Takengon sebanyak sembilan personel. Sedangkan personel yang disiagakan di kapal SAR KN Kresna sebanyak 18 orang," kata Ibnu Harris Al Hussain.

Ibnu Harris Al Hussain menyebutkan personel yang disiagakan tersebut didukung sejumlah peralatan seperti perahu sea rider, perahu karet, truk personel dan alat pertolongan, kendaraan komunikasi, serta lainnya.

Adapun sasaran operasi SAR pada libur lebaran, kata Ibnu Harris Al Hussain, meliputi kondisi membahayakan manusia, kecelakaan transportasi, bencana geologi, dan bencana hidrometeorologi.

"Selain, kami juga melakukan pemantauan terbatas seperti di tempat-tempat rawan terjadinya kecelakaan dan bencana serta kondisi membahayakan manusia," kata Ibnu Harris Al Hussain.

Baca juga: Basarnas evakuasi tiga mayat tanpa identitas di perairan Pulo Aceh
 

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024