Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Aceh siap mendukung setiap kebijakan Pemerintah Aceh, terutama terhadap keputusan yang dapat menimbulkan efek positif bagi perekonomian rakyat Aceh.

"Kami mendukung kebijakan Gubernur Aceh, apalagi dalam dua bulan ini telah memberikan dampak positif untuk ekonomi Aceh," kata Ketua MPW ICMI Aceh Taqwaddin di Banda Aceh, Senin.

Taqwaddin menyebutkan, adapun kebijakan terbaru yang telah berdampak baik terhadap ekonomi Aceh yaitu mempercepat pengesahan dan pencairan anggaran pendapatan dan belanja Aceh (APBA) 2024.

Akibat dari pengesahan tersebut, pasar-pasar yang selama ini sepi, sudah mulai ramai karena dana APBA mulai mengalir, tidak saja di kalangan PNS, tetapi melalui rekanan, sektor usaha hingga seterusnya ke lapisan bawah (multiplier effect). 

"Ini semua terjadi juga karena telah adanya harmonisasi antara Pemerintah Aceh dengan DPR Aceh. Sehingga APBA dapat direalisasikan dan mengalir ke masyarakat," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, dirinya meminta kepada para pengurus untuk melaksanakan program kerja dua tahun yang benar-benar bisa membantu pemerintah mengatasi masalah kerakyatan.

Seperti masalah kemiskinan, kualitas kesehatan yang masih rendah, stunting, kualitas mutu pendidikan, UMKM yang melamban, akses permodalan masih sulit, dan lain persoalan lainnya.

Selain itu, ICMI Aceh juga perlu melakukan konsolidasi eksternal untuk memperkuat kemitraan baik dengan pemerintah, DPR Aceh, maupun Ormas lainnya. 

"Kita harus menjadi bagian dari infrastruktur politik dan kebijakan Aceh. Jangan kita biarkan jika ada kebijakan yang menzalimi rakyat. Kita harus kritis konstruktif untuk menghadapinya," demikian Taqwaddin.

Baca juga: ICMI Orwil Aceh bagikan 200 paket untuk anak yatim dan dhuafa

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024