Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, bersama Yayasan Apel Green Aceh melaksanakan aksi pungut sampah plastik dalam rangka memperingati Hari Bumi Internasional 2024, dipusatkan di kawasan Pasar Jeuram, Kecamatan Seunagan, kabupaten setempat.

“Kegiatan ini murni pergerakan untuk lingkungan dan bumi yang lebih baik,” kata Direktur Yayasan Apel Green Aceh Rahmad Syukur di Nagan Raya, Selasa.

Ia mengatakan planet versus plastik merupakan tema Hari Bumi 2024, yaitu sebuah seruan bertindak untuk mengatasi salah satu tantangan lingkungan paling mendesak yaitu polusi plastik.

Menurutnya, tema ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mengenai dampak buruk polusi plastik terhadap bumi dan untuk memobilisasi individu, komunitas, pemerintah, dan dunia usaha untuk mengambil langkah nyata dalam mengurangi sampah plastik dan melindungi lingkungan.

Meski perubahan sistemik sangatlah penting, kata Syukur, tindakan individu juga memainkan peran penting dalam mengatasi polusi plastik. 

Diantaranya seperti langkah sederhana seperti mengurangi konsumsi plastik, mendaur ulang dengan benar, berpartisipasi dalam upaya pembersihan, dan mendukung kebijakan bebas plastik dapat memberikan perbedaan yang signifikan dalam mengurangi sampah plastik dan melindungi bumi.

Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Aceh, diwakili Asisten III Sekdakab Nagan Raya, Bambang Surya Bakti mengatakan Peringatan Hari Bumi 2024 merupakan seruan bertindak untuk mengatasi salah satu tantangan lingkungan yaitu polisi plastik.

“Mari kita bergerak bersama baik secara individu, komunitas, pemerintah dan dunia usaha untuk mengambil langkah nyata dalam mengurangi sampah plastik dan melindungi lingkungan,” kata Bambang.

Pemerintah daerah juga mengimbau kepada masyarakat di daerahnya, agar meningkatkan kesadaran mengenai dampak buruk polusi plastik terhadap bumi.

Menurutnya, setiap manusia memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan melindungi bumi ini.

“Melihat betapa banyaknya kerusakan lingkungan yang terjadi akibat ulah manusia, sudah patutnya kita bertindak dengan menjaga bumi. Kita juga wajib masa depan generasi mendatang, mari kita semua berkomitmen untuk melakukan tindakan nyata,” demikian Bambang Surya Bakti. 
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024