Meulaboh (ANTARA Aceh) - Komando Distrik Militer (Kodim) 0105 Aceh Barat, Korem 012 Teuku Umar, Provinsi Aceh mengadakan latihan posko bencana alam guna memperkuat kemantapan seluruh anggota tim menghadapi bencana alam banjir.

Komandan Korem 012 Teuku Umar Kolonel Inf Nefra Firdaus di Meulaboh, Senin mengatakan, para Dansat dikumpulkan guna menindak lanjuti intruksi Pangdam Iskandar Muda mengenai kesiapan satuan dalam rangka menghadapi kemungkinan terjadi bencana alam serta langkah-langkah diambil di wilayah Korem 012 Teuku Umar.

"Hari ini saya mengumpulkan para Dansat sekalian untuk memberikan petunjuk dan arahan serta intruksi guna kesiapan satuan dalam mengantisipasi terhadap kemungkinan terjadi bencana alam di masing-masing wilayah," sebutnya.

Komandan Kodim 0105 Aceh Barat Letkol Inf Herry Riana S, menambahkan, kegiatan latihan posko 1 Kodim 0105 Aceh Barat "Wira Bhakti III" tahun anggaran 2017 itu merupakan program kerja atau program latihan yang dilaksanakan selama tiga hari.

Latihan posko 1 Kodim 0105 Aceh Barat tersebut juga merupakan kegiatan latihan kerja sama dengan Pemerintah Daerah Aceh Barat dan instansi terkait di daerah itu yang dituangkan dalam bentuk latihan penangulangan bencana alam banjir.

"Kena banjir, karena bentuk georafis wilayah Kabupaten Aceh Barat dikelilingi oleh sungai besar sehingga bila intensitas hujan lebih dari tiga hari berturut-turut maka akan mengakibatkan banjir, untuk itu perlu kemantapan semua yang terlibat," sebutnya.

Pada kesempatan yang sama Bupati Aceh Barat H T Aladinsyah menuturkan bahwa peran TNI jajaran Korem 012 Teuku Umar di Aceh Barat selama ini sangat membantu ketika terjadi bencana alam banjir sebagaimana yang sering terjadi.

Karena itu dengan adanya upaya pemantapan personel yang melibatkan semua pihak itu diharapkan semakin meningkatkan kemampuan dalam membantu masyarakat guna menekan sekecil-kecilnya resiko saat dilanda bencana alam banjir.

"Dengan ini saya harapkan Pemda Aceh Barat akan lebih siap dalam penanggulangan bencana alam yang terjadi dan saya harapkan instansi terkait dapat terus bekerja sama sehingga dapat menjalankan tugas yang mulia ini dengan baik," katanya menambahkan.

Acara itu turut dihadiri Kasrem 012/TU  Letkol Inf Yudiono, Dandim Jajaran Korem 012/TU, Para Kasi Korem 012/TU, Danyonif jajaran Korem 012/TU, Ka/Dan Disjan Jaj Rem 012/TU, Para Pasi, Danramil Kodim 0105/Abar, Tim BPBD Aceh Barat, Tim BASARNAS dan tim RAPI Aceh Barat, berlangsung sejak 29-31 Mei 2017.

Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017