Korem 011/Lilawangsa berkomitmen untuk terus memerangi peredaran narkoba di Aceh, terutama di wilayah kerja Korem Lilawangsa seperti Lhokseumawe dan Aceh Utara yang diindikasikan sebagai lintas pemasok narkoba untuk Aceh.

“Tugas memberantas narkoba bukan hanya TNI dan BNN, namun semua pihak, termasuk masyarakat harus peduli,” kata Komandan Korem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Ali Imran di Lhokseumawe, Senin.

Hal itu disampaikan Danrem saat sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di Aula Yudha Korem Lilawangsa, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe.

Ia menilai, saat ini bahaya narkoba sangat mengancam para generasi muda, sehingga tak heran apabila di kalangan masyarakat umum hingga ke oknum penegak hukum ditemukan yang mengonsumsi barang haram itu.

Oleh sebab itu, Korem bersama BNN Lhokseumawe berkomitmen memerangi peredaran dan penyalahgunaan narkoba. Sebab, diindikasi di Aceh khususnya daerah Lhokseumawe dan Aceh Utara menjadi tempat lintasan kejahatan para pemasok narkoba.

Menurut dia, peran masyarakat dan lintas sektor sangat penting dalam memerangi narkoba. Apabila terjadi pembiaran, maka membuat para pelaku dengan mudah menjalankan aksinya untuk memasok narkoba di Tanah Rencong itu.

“Peran semua pihak sangat penting, terlebih, oknum itu kita buat takut akan melakukan aksinya bila bertemu masyarakat, langsung takut, maka tidak ada celah sedikitpun bagi mereka para oknum, sehingga negara dan masyarakat aman terhindar dari bahaya narkoba, itulah cara tepat berantas narkoba,” ujar Danrem.

Kata dia, Korem Lilawangsa terus berupaya melakukan pencegahan, baik melalui sosialisasi, imbauan hingga cek urine. 

“Tujuannya agar para prajurit tidak ada terlibat narkoba, apalagi sebagai bandar, itu jangan sampai terjadi,” ujarnya.

Di sela-sela P4GN, Korem Lilawangsa juga melakukan tes urine kepada seluruh prajurit TNI Korem 011/Lilawang dan satuan dinas jawatan yang turut hadir. 

“Dari hasil tes urine kepada seluruh prajurit TNI, tidak ada yang terindikasi apalagi positif. Pengambilan urine diawasi oleh staf intel, provost, dan POM IM/I Lhokseumawe,” ujarnya.

Kegiatan sosialisasi P4GN program staf intelijen Korem 011/LW semester I tahun 2024, turut dihadiri oleh Kasrem 011/LW Letkol Inf Eko Wahyu Sugiarto, para Kasi dan Pasi Rem 011/LW, perwakilan staf BNN Lhokseumawe.

Baca juga: Korem Lilawangsa targetkan bangun 40 titik air bersih bagi pesantren di Aceh

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024