Kepala Terminal Tipe A Batoh Banda Aceh Amir Hamzah memprediksi puncak arus balik mudik lebaran Idul Adha 1445 Hijriah terjadi pada 22-23 Juni 2024 atau akhir pekan ini.

"Pergerakan arus balik sudah mulai hari ini, tetapi puncaknya diprediksi akan terjadi pada Sabtu dan Minggu nanti," kata Amir Hamzah di Banda Aceh, Kamis.

Ia mengatakan puncak arus mudik pada H+5 dan H+6 lebaran Idul Adha ini didominasi oleh mahasiswa, sedangkan pekerja ASN/PNS sudah ramai bergerak balik dari kampung hari ini.

"Ada perbedaan arus balik, kalau pekerja sudah ramai yang balik tadi malam dan prediksi kita nanti malam juga akan ramai karena Jumat sudah masuk ke kantor, tetapi belum ada lonjakan penumpang," ujarnya. 

Senada dengan Amir, penjual tiket L-300 (minibus) di Terminal A Batoh, Rahmad mengatakan pergerakan arus balik mudik dari wilayah barat selatan Aceh berlangsung mulai hari ini (20/6) hingga Kamis (27/6) mendatang. 

"Arus balik sudah mulai hari ini dan akan berlangsung selama seminggu," kata Rahmad. 

Kemudian, penjual tiket L-300 lainnya, Romi, menyampaikan kebanyakan pekerja sudah balik mudik lebaran pada Selasa (18/6), sedangkan mahasiswa juga sudah ada yang mulai kembali ke Banda Aceh pada H+2 lebaran, Rabu kemarin (19/6).

"Pegawai sudah mulai ramai yang balik pada Selasa kemarin, kalau mahasiswa juga ada yang sudah balik pada Rabu. Tetapi, prediksi akan ramai Sabtu nanti," katanya. 

Dirinya menyampaikan, pada lebaran Idul Adha tahun ini tidak terjadi kenaikan tarif tiket yang dibebankan kepada penumpang. Pihaknya tetap memberlakukan tarif normal.

"Tarif tiket normal, tidak ada kenaikan untuk Idul Adha ini," demikian Romi.

 

Pewarta: Nurul Hasanah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024