Nagan Raya (ANTARA Aceh) - Prajurit TNI-AD Kodim 0116 Nagan Raya, Korem 012 Teuku Umar, Provinsi Aceh melakukan uji coba budidaya tanaman hidroponik sayuran jenis sawi untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan anggota satuan.

Komandan Kodim (Dandim) 0116/Nagan Raya Letkol Kav Mochammad Wahyudi, di Nagan Raya, Jumat mengatakan, setelah uji coba tersebut berhasil maka akan dilakukan uji coba jenis tanaman lain pula, seperti jeruk lemon Ureka.

"Kondisi saat ini sudah pada tahap penyemaian bibit dengan usia semai tiga hari, kondisi bibit sebagian sudah mulai muncul akar atau kecambahnya. Untuk jenis bibit ataupun tanaman yang dilakukan ujicoba adalah bibit sawi," sebutnya.

Dandim menjelaskan, pola budidaya tanaman hidroponik jenis Sawi dilakukan dengan menanam dan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah dan hak ini sangat cocok pada area yang memiliki pasokan air yang terbatas, terlebih saat musim kemarau tiba.

"Masih dilakukan uji coba budidaya diseputaran komplek Markas Kodim (Makodim) 0116/Nagan Raya. Pengunaan bahan masih sederhana," sebut Dandim Wahyudi.

Dalam kegiatannya, masih menggunakan bahan-bahan yang sederhana seperti pralon 3 inch, elbow dan gelas plastik bekas air mineral, kemudian dibentuk sedemikian rupa oleh satuan personel Kodim 0116/Nagan Raya, Aceh.

Dandim Letkol Kav Moch Wahyudi menjelaskan, kegiatan itu menindak lanjuti hasil pelatihan pembekalan peningkatan kemampuan dan keterampilan Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil) terpusat 2017.

Kegiatan tersebut diselenggarakan Pusterad di Pusdikzi pada 5-10 Juni 2017, serta vidio peninjauan Kasad pada kegiatan panen hasil metode dan sistem budidaya tanaman hidroponik 2 Juli 2017.


Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017