Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Gubernur Aceh Irwandi Yusuf mengharapkan kepolisian, khususnya di provinsi ujung barat Indonesia tersebut semakin solid dan profesional.

"Kami berharap Polri atau kepolisian lebih solid, canggih, dan profesioanl dalam menjalankan tugas dan kewenangannya di Provinsi Aceh," kata Gubernur Aceh Irwandi Yusuf di Banda Aceh, Senin.

Pernyataan tersebut dikemukakan Irwandi Yusuf usai menjadi inspektur upacara puncak peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-71 Bhayangkara.

Upacara peringatan hari ulang tahun Bhayangkara di jajaran Polda Aceh tersebut dipusatkan di Lapangan Blangpadang, Banda Aceh. Upacara diikut seluruh satuan personel Polri, unsur TNI, satuan pengamanan (satpam), polisi pamong praja, dan lainnya.

Selain Kapolda Aceh Irjen Pol Rio S Djambak dan jajaran, peringatan HUT Bhayangkara turut dihadiri Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Moch Fachrudin, mantan Gubernur Aceh Zaini Abdullah, serta unsur pimpinan, dan undangan lainnya.

Gubernur mengatakan, banyak tindak pidana eskalasinya meningkat di Aceh. Di Antaranya narkotika dan obat terlarang atau narkoba yang semakin mengkhawatirkan.

"Begitu juga pembunuhan yang membutuhkan perhatian serius kepolisian. Karena itu, kami berharap kepolisian mampu mengungkap semua tindak pidana di Provinsi Aceh," kata Irwandi Yusuf.

Menyangkut dengan terorisme, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf menegaskan tidak ada tempat bagi kelompok radikal di Aceh. Dan kepolisian sudah memiliki prosedur tetap penanganannya.

"Kami yakin, tidak ada peluang terorisme di Aceh. Dan kami juga yakin kepolisian mampu mengantisipasinya sejak dini. Namun, semuanya tentu membutuhkan partisipasi aktif masyarakat," ujar Irwandi Yusuf.

Upacara HUT Bhayangkara tersebut dirangkai dengan atraksi empat pesawat tempur F16, paralayang motor, atraksi motor besar polisi lalu lintas, tarian dan drama kolosal yang dimainkan ratusan anggota Polri.


Pewarta: M Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017