Bank Indonesia Provinsi Aceh meluncurkan secara khusus aplikasi digitalisasi Aceh mendukung Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut, sebagai upaya memudahkan setiap pengunjung yang menyambangi Tanah Rencong itu.

Aplikasi berbasis penyedia informasi PON XXI Aceh-Sumut tersebut diluncurkan dalam acara Sambot Muharram Raya yang digelar Bank Indonesia di Komplek Masjid Raya Biturrahman Banda Aceh sebagai kawasan ekosistem digital.

“Sambot Muharram Raya ini dalam rangka menyambut tahun baru Islam dan PON XXI Aceh- Sumut, dalam meningkatkan digitalisasi sistem pembayaran di Aceh,” kata Rony di Banda Aceh, Minggu.

Aplikasi Aceh mendukung wisata dan PON XXI diserahkan secara simbolis oleh Kepala Bank Indonesia Aceh Rony Widijarto kepada Pemerintah Aceh sebagai PB PON XXI Wilayah Aceh yang diwakili oleh Kepala Dinas Syariat Islam Aceh Zahrol Fajri, guna mendukung kelancaran penyelenggaraan PON XXI.

Inovasi ini merupakan persembahan Bank Indonesia Aceh kepada Pemprov Aceh dan seluruh masyarakat, pengunjung PON XXI , serta wisatawan untuk memberikan pengalaman menjelajahi Aceh yang nyaman secara digital berupa portal penyedia informasi.

Aplikasi tersebut akan memuat informasi mulai dari destinasi wisata, jadwal perlombaan PON, lokasi masjid, lokasi bank, lokasi mesin Anjung Tunai Mandiri (ATM), lokasi warung kopi, restoran, penerapan sistem pembayaran QRIS dan berbagai lainnya.

Rony menilai, PON XXI Aceh-Sumut akan diselenggarakan 8-20 September 2024 menjadi momentum yang tepat untuk mengakselerasi penerapan pengembangan sistem keuangan digital di daerah Tanah Rencong itu.

“Sambot Muharram Raya merupakan momen strategis untuk memperluas akuisisi dan experience QRIS kepada pengunjung dan wisatawan dalam rangka promosi serta pengembangan ekonomi dan keuangan digital di Aceh,” ujarnya.

Pemprov Aceh mengapresiasi Bank Indonesia dan perwakilan bank syariah di Aceh atas upaya meningkatkan digitalisasi sistem pembayaran khususnya melalui penggunaan QRIS yang sangat bermanfaat.

“Kita harapkan QRIS ini juga akan mempermudah transaksi keuangan bagi atlet, ofisial dan tamu yang berkunjung saat PON XXI nanti,” kata Kepala Dinas Syariat Islam Aceh Zahrol Fajri mewakili Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah.

Pihaknya juga mengapresiasi peluncuran aplikasi digital yang mendukung pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut 2024. Mudah-mudahan penerapan aplikasi tersebut nantinya berjalan dengan baik, karena akan sangat membantu para atlet dan para tamu PON selama berada di Aceh.

“Saya yakin dengan persiapan matang dan dukungan digital dari Bank Indonesia, kita mampu menunjukkan yang terbaik bagi para tamu dan atlet,” ujarnya.

Pewarta: Khalis Surry

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024