Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Aceh Besar menyatakan profil pembangunan daerah merupakan salah satu instrumen yang sangat dibutuhkan untuk memaksimalkan pembangunan sebuah kawasan.

“Profil pembangunan daerah ini menjadi instrumen untuk ketersediaan data yang akurat, aktual, berkesinambungan, dan efektif, sehingga tujuan dan sasaran pembangunan yang diharapkan dapat dicapai secara maksimal,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Aceh Besar Rahmawati di Jantho, Kamis.

Di sela-sela rapat koordinasi (rakor) penyusunan profil pembangunan daerah Kabupaten Aceh Besar tahun 2024, ia menjelaskan penyusunan profil pembangunan daerah tersebut sesuai dengan Perpres Nomor 39 Tahun 2019 tentang satu data Indonesia untuk mewujudkan keterpaduan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan.

Ia mengatakan pembangunan tersebut perlu didukung melalui data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses, dan dapat dibagi pakaikan serta dikelola secara seksama, terintegrasi dan berkelanjutan.

Baca: Aceh rumuskan enam program prioritas pembangunan 2025, begini penjelasannya

“Artinya, dengan didukung data yang valid dan akurat akan menjadi acuan bagi pemerintah daerah untuk melakukan pembangunan diberbagai sektor sesuai dengan data yang tersaji secara lengkap dan dapat dipertanggungjawabkan,” katanya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Besar Sulaimi mengatakan kegiatan Rakor penyusunan profil pembangunan daerah tersebut sangat berguna dan dapat memberikan informasi dalam rangka pengambilan kebijakan dan keputusan untuk meningkatkan kualitas pengembangan daerah serta berimplikasi pada seluruh aspek pelayanan masyarakat, riset dan inovasi daerah.

Ia mengatakan dengan adanya profil pembangunan daerah seluruh OPD dapat memanfaatkan data statistik semaksimal mungkin, dalam rangka menganalisis seluruh pelaksanaan program pembangunan untuk meningkatkan kualitas sumber daya berdaya saing dan mewujudkan perekonomian yang inklusif dan berkelanjutan.

“Penerbitan profil pembangunan daerah Kabupaten Aceh Besar tahun 2024 merupakan kerja sama Pemkab Aceh Besar dan BPS. Ini merupakan salah satu dokumen yang sangat penting, untuk menjadi acuan serta tolok ukur kinerja pembangunan daerah yang dilaksanakan hingga tahun 2024 ini,” katanya. 

Baca: Pj Gubernur: PON Bangkitkan semangat pembangunan dan perekonomian Aceh
 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024