Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Aceh Selatan menyatakan ketersediaan obat-obatan pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di kabupaten tersebut mencukupi.

"Kami memastikan ketersediaan obat-obatan di seluruh puskesmas di Kabupaten Aceh Selatan mencukupi," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Selatan Yuhelmi di Aceh Selatan, Senin.

Pernyataan tersebut disampaikan Yuhelmi menanggapi adanya informasi yang berkembang dalam beberapa hari terakhir terkait kelangkaan obat di beberapa puskesmas di Kabupaten Aceh Selatan.

Yuhelmi menyebutkan informasi kelangkaan obat tersebut tidak sesuai dengan hasil pengecekan ke seluruh pusat kesehatan masyarakat di kabupaten di pesisir barat selatan Provinsi Aceh tersebut.

"Kami sudah mengecek ke setiap puskesmas. Hasil pengecekan, informasi kelangkaan obat tidak benar. Hingga saat ini, ketersediaan obat di seluruh puskesmas telah terpenuhi dan mencukupi," katanya.

Menurut pelaksana tugas kepala dinas kesehatan tersebut, jika ada yang mengalami kelangkaan atau kekurangan obat-obatan, maka pihak puskesmas langsung menghubungi dinas kesehatan. Kemudian, dinas kesehatan langsung melakukan pengadaan obat.

"Bagian farmasi kami selalu mengecek secara berkala persediaan yang ada guna memastikan setiap permintaan obat-obatan dari puskesmas tercukupi, sehingga tidak terjadi kelangkaan," kata Yuhelmi menyebutkan.

Yulhelmi mengimbau masyarakat agar masukan atau informasi terkait pelayanan di lapangan, khususnya menyangkut bidang kesehatan, dapat disampaikan dengan benar, mengingat hal tersebut dapat berpengaruh terhadap optimalisasi layanan publik.

"Jika informasi yang disampaikan tidak benar, tentunya akan berpotensi menimbulkan kegaduhan atau keresahan di tengah masyarakat. Dan ini harus dihindari," kata Yuhelmi.
 

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024