Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok XXVI 25 Universitas Syiah Kuala (USK)  mengedukasi pemberdayaan masyarakat untuk mendukung ketahanan pangan melalui budi daya peternakan di Gampong Aneuk Galong Baro, Kecamatan Sukamakmur.

"Mahasiswa KKN USK memberikan edukasi terkait teknik pembuatan pakan ternak sapi guna menghindari kekurangan rumput hijau di musim kemarau," kata Dosen Pembimbing Lapangan USK Ratna Idayati di Aceh Besar, Rabu.

Ia menjelaskan edukasi yang dilakukan mahasiswa KKN USK tersebut dengan menghadirkan narasumber dari Prodi Ilmu Peternakan Fakultas Pertanian USK yang juga Ketua Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia Provinsi Aceh, Dr. Ir. Dzarnisa Araby.

Ia mengatakan program yang dirancang tersebut merupakan bagian untuk mendukung ketahanan pangan melalui budidaya peternakan.

Baca: Mahasiswa USK kembangkan inovasi sistem ultrafiltrasi antifouling untuk produksi air bersih

Menurut dia program tersebut sesuai dengan permintaan Keuchik (kepala desa) Aneuk Galong Baro untuk mengajarkan teknik pembuatan makanan ternak sapi yang pernah mereka dengar di media untuk menghindari kekurangan rumput hijau di musim kemarau.

Selain itu, dalam kegiatan ini juga dilakukan sosialisasi bagaimana pemilihan hewan ternak yang sehat, cara pembuatan kandang hewan  yang baik hingga pemberian makanan ternak yang bernutrisi sehingga dapat meningkatkan  produksi ternak nantinya.

Selain paparan materi, mereka juga mempraktekkan langsung cara pembuatan makan ternak dengan teknik silase dan fermentasi kepada peserta yang hadir.

“Kita berharap kerja sama kegiatan antara mahasiswa KKN USK dengan masyarakat ini bisa dirasakan langsung manfaatnya," katanya.

Baca: Pj Bupati Aceh Besar bekali peserta KKN USK
 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024