Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) mengerahkan dua mobil tangki untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla)  yang semakin meluas di Kabupaten Aceh Barat.

"Rencananya, satu helikopter tiba hari ini. Kita juga dari Banda Aceh, membawa dua tangki demi membantu memadamkan lahan terbakar," ucap Kepala BPBA Yusmadi di Banda Aceh, Senin.

Selain itu, katanya terdapat delapan orang personel BPBA yang ditugaskan turut membantu pemadaman karhutla bergabung dengan anggota institusi lain karena lahan yang terbakar semakin meluas.

Beberapa orang personel tersebut sejak akhir pekan lalu telah berada di Meulaboh, Aceh Barat guna membantu memadamkan lahan yang terbakar.

Pihaknya mengklaim, jumlah lahan terbakar di kawasan Aceh Barat hingga Ahad (23/7), telah mencapai 60 hektare yang tersebar di beberapa titik.

"Yang berat kita (untuk pemadaman) itu, kawasan yang terbakar berada di tengah hutan. Kalau yang di pinggir jalan, bisa di tembak dengan 'water canon' atau mesin pompa air milik pemadam," terangnya.

Aprizal, petugas Pusat Data dan Informasi BPBD Aceh Barat mengatakan pihaknya terus mengatasi meluasnya kebakaran lahan gambut di kawasan tersebut.

BPBD setempat telah mengerahkan dua unit mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan berbagai titik api di lokasi terbakar.

"Kita tetapkan zona terbakar yakni Kecamatan Sama Tiga di Desa Cot Seumeureng dengan  luas lahan terbakar lima hektare, dan sudah berhasil dipadamkan," katanya.

Lalu, lanjutnya di kecamatan yang sama terjadi juga di Desa Suak Pante Breuh dengan luas lahan terbakar sekitar lima hektare.

Di Kecamatan Johan pahlawan berada di Desa Suak Raya dengan luas lahan 10 hektare, dan Desa Suak Ni luas lahan terbakar empat hektare.

"Luas areal terbakar merupakan lahan gambut dengan total 29 hektare yang tersebar di tiga kecamatan. Ini yang terparah kawasan gambut terbakar," tuturnya.


Pewarta: Muhammad Said

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017