Banda Aceh (ANTARA Aceh) - PT Lafarge Cement Indonesia mengirimkan sebanyak 12 siswa terbaik yang berasal dari daerah perusahaan tersebut beroperasi untuk mengikuti program Enterprise based-Vocational Education (EVE).

"Program EVE ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk pengembangan sumber daya lokal, sehingga mereka mampu bersaing dengan anak-anak dari daerah lainnya," kata  Plant Manager PT Lafarge Cement Indonesia, Gerald Guiot di Aceh Besar, Kamis.

Pernyataan itu disampaikan di sela-sela pelepasan 12 siswa terbaik yang berasal dari area sekitar pabrik di kecamatan Lhoknga dan kecamatan Leupung serta di sekitar terminal pengepakan semen Lhokseumawe, untuk mengikuti program EVE.

"Belajarlah dengan giat dan raihlah prestasimu, kami bangga dengan kalian semua," katanya.

EVE merupakan program pendidikan vokasional (kejuruan) teknologi semen setara D3 milik induk perusahaan, PT Holcim Indonesia Tbk, bekerjasama dengan Politeknik Negeri yang menekankan pada pelajaran dan praktek lapangan.

Program tersebut merupakan salah satu bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) Holcim Indonesia untuk memberi kesempatan pendidikan secara gratis kepada siswa/i lulusan SMA dan SMK terbaik yang ada di sekitar pabrik dengan batas usia maksimal 21 tahun.

Sebelumnya pada 2016 lalu, PT Lafarge Cement Indonesia telah mengirimkan angkatan pertama sebanyak 14 siswa dari sekitar pabrik untuk mengikuti program ini.

Para siswa tersebut diberangkatkan ke pabrik Holcim Indonesia di Cilacap, Jawa Tengah dan Narogong, Jawa Barat, untuk menimba ilmu selama tiga tahun dan mendapatkan ijazah kelulusan D3 Teknik Mesin, serta menerima sertifikat dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) untuk beberapa keahlian teknis yang didapatkan.

Sejak pertama kali digulirkan pada tahun 2005, EVE telah menghasilkan banyak lulusan terbaik yang diangkat menjadi karyawan di Holcim Indonesia ataupun yang bekerja di perusahaan lain.

Program EVE memiliki proses seleksi mulai dari seleksi administratif, tes akademik, psikotest dan tes kesehatan. Para siswa terpilih akan dikontrak untuk mengenyam pendidikan selama tiga tahun di Holcim Indonesia.

Selain meningkatkan taraf pendidikan, EVE juga berkontribusi melahirkan teknisi-teknisi profesional dari warga sekitar pabrik yang dapat direkrut oleh perusahaan.

Sekretaris Camat Lhoknga, Taufiq menyampaikan apreasiasi terhadap program yang sedang dilaksanakan oleh perusahaan produsen semen tersebut dalam meningkatkan sumber daya manusia di sekitar perusahaan tersebut.


Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017