Pengurus Provinsi (Pengprov) Tarung Derajat Aceh berharap arena pertandingan cabang olahraga tersebut di Balai Meseuraya Aceh (BMA) Banda Aceh dapat rampung minimal 10 hari menjelang dimulainya Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut.

“Kita berharap 10 hari sebelum pelaksanaan PON gedung ini sudah siap, sempurna, dan tidak ada kendala sama sekali,” kata Ketua Umum Pengprov Tarung Derajat Aceh Muhammad Alfatah di Banda Aceh, Senin.

Pernyataan itu disampaikan saat pelaksanaan test event PON XXI cabang olahraga tarung derajat yang digelar Panitia Besar PON Wilayah Aceh sebagai rangkaian uji coba guna memastikan kesiapan teknis, fasilitas, dan peralatan sebelum PON XXI dimulai.

Ia menjelaskan pemilihan gedung Balai Meseuraya Aceh sudah memenuhi standar, namun harus diikuti dengan penyediaan fasilitas pendukung yang lengkap agar pertandingan tarung derajat PON XXI berjalan dengan baik.

Baca juga: Pj Bupati: Venue kurash di Aceh Besar rampung

Menurut dia, dalam kejuaraan tarung derajat minimal wajib ada 12 hingga 14 area khusus agar kegiatan dapat berlangsung dengan baik, seperti area pusat informasi, matras, kesehatan, perlengkapan, area istirahat atlet, dan berbagai lainnya.

“Maka 12-14 area ini yang nanti didesain di gedung ini. Disini nanti diperebutkan 21 medali emas, tentu akan ada ribuan orang, maka ini didesain agar orang bisa bergerak dengan nyaman, tata letak indah, dan lain-lain,” ujarnya.

Saat uji coba tersebut, ia menilai ada beberapa fasilitas yang perlu segera dibenahi, yaitu pencahayaan dan silau sinar matahari dari dinding kaca serta berbagai fasilitas umum.

“Hari ini saya lihat silau karena banyak kaca dan pencahayaan yang jauh sangat kurang. Ini tidak layak, jangankan PON, event lokal saja ini tidak layak. Apalagi orang bertarung, silau itu mengganggu sekali,” ujarnya.

Gedung Balai Meuseraya Aceh, Banda Aceh selama PON XXI akan digunakan untuk arena pertandingan dua cabang olahraga yaitu tarung derajat dan muaythai.

Untuk diketahui Panitia Besar PON XXI wilayah Aceh menyebut ada 10 kabupaten/kota di Aceh yang menjadi daerah penyelenggaraan PON XXI yaitu Banda Aceh, Sabang, Aceh Besar, Pidie, Utara, Aceh Timur, Aceh Barat, Bener Meriah, Aceh Tengah, dan Aceh Tenggara.

Nantinya, terdapat 33 cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Aceh, meliputi 43 disiplin olahraga, 515 nomor pertandingan, 6.854 atlet serta 2.196 ofisial.

Baca juga: Pemkot: Persiapan PON XXI di Sabang semakin matang

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024