Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Nanggroe Aceh (DPP PNA) Irwandi Yusuf mencabut dukungan dari bakal calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Salman Alfarisi-Yusran di Pilkada 2024, dialihkan untuk Safaruddin-Masadi.

"Ada sejumlah pertimbangan dari hasil kajian di internal yang melandasi keputusan kami untuk membatalkan dukungan kepada Salman-Yusran," kata Ketua DPP PNA Irwandi Yusuf dalam keterangannya yang diterima di Banda Aceh, Rabu.

Pembatalan persetujuan dukungan PNA tersebut tertuang dalam Surat Keputusan DPP PNA Nomor 1115/PNA/PILKADA/KU-SJ/VIII/2024.

Surat bertanggal 19 Agustus 2024 itu, diteken langsung oleh Ketua Umum DPP PNA Irwandi Yusuf dan Wakil Sekretaris Jenderal VIII Sayuti Bin Chaliluddin.

Irwandi mengatakan, keputusan pembatalan persetujuan dukungan kepada Salman-Yusran tersebut diambil setelah melakukan pengkajian dan diskusi mendalam, baik di internal partai maupun dengan pihak lainnya.

Selain itu, Irwandi juga menilai jumlah partai pendukung Salman-Yusran sudah cukup syarat untuk mencalonkan diri sebagai bakal cabup dan cawabup Abdya.

Setelah pembatalan dukungan kepada Salman-Yusran, PNA, kata Irwandi, juga sudah mengambil keputusan untuk mengalihkan dukungan kepada bakal cabup dan cawabup Abdya Safaruddin-Masadi

"Keputusan ini juga diambil setelah melakukan kajian yang matang, bahwa PNA menilai Safar-Mas Adi sebagai sosok yang tepat memimpin Abdya ke depan," ujarnya.
Mantan Gubernur Aceh itu juga menitipkan pesan agar dua anak muda yang menjadi bakal cabup-cawabup ini bisa menjalankan amanah dengan baik, dan berpihak kepada masyarakat ketika terpilih menjadi pemimpin Abdya kelak.

"Pesan saya kalau mendapatkan amanah jangan untuk memperkaya diri sendiri. Tetapi perkaya lah masyarakat Abdya," katanya.

Dalam kesempatan ini, Irwandi juga menitipkan Masadi kepada Safaruddin untuk dapat menjadi pendampingnya di Pilkada Abdya 2024.

"Saya titip saudara Adi untuk bisa menjadi pendamping Anda," katanya.

Safaruddin yang menerima surat keputusan dukungan PNA tersebut, menyampaikan terima kasih kepada Irwandi Yusuf.

"Terima kasih pak Irwandi, atas dukungan yang diberikan kepada kami, dan akan segera menjalankan amanah ini, InsyaAllah," kata Safar.

Dirinya juga mengapresiasi keputusan PNA yang sebelumnya diakui Safar tak terpikir memberikan dukungan kepada dirinya.

"Saya menghargai sosok bang Irwandi, yang juga sosok penentu juga," demikian Safaruddin.



 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024