Pemerintah Kota (Pemkot) Lhokseumawe meluncurkan inovasi laporan pemerintahan berbasis teknologi kecerdasan buatan (AI) yang bertujuan untuk meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan efektivitas penyampaian informasi kinerja kepada masyarakat.

"Inovasi ini merupakan bagian dari upaya kami untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih baik, transparan, dan akuntabel," kata Sekretaris Daerah Kota Lhokseumawe T Adnan saat sosialisasi inovasi tersebut di Lhokseumawe, Rabu.

Ia menjelaskan, Pemkot Lhokseumawe mengambil langkah besar menuju era pemerintahan digital, dengan mensosialisasikan inovasi penyusunan laporan capaian kinerja wali kota melalui visualisasi data interaktif berbasis teknologi AI kepada seluruh perangkat daerah.

Kata dia, inovasi tersebut mencerminkan komitmen Pemkot Lhokseumawe dalam meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan efektivitas penyampaian informasi kinerja kepada masyarakat.

Ia menilai, dengan memanfaatkan teknologi AI, laporan capaian kinerja wali kota akan disajikan dalam bentuk visual yang menarik dan mudah dipahami. Dan juga memungkinkan bagi masyarakat untuk mengakses dan menganalisis informasi tentang capaian kinerja pemerintah tersebut.

"Kami yakin bahwa pemanfaatan teknologi AI akan membantu meningkatkan kualitas laporan yang disampaikan oleh perangkat daerah,” ujarnya.

Dalam sosialisasi ini, lanjut dia, pihaknya memberikan pemahaman kepada perangkat daerah tentang penting inovasi dalam penyusunan laporan kinerja, keunggulan visualisasi data interaktif, serta cara memanfaatkan teknologi AI dalam pengolahan data.

Inovasi ini diharapkan akan mendorong transformasi digital di seluruh sektor pemerintahan dan memberikan dampak positif bagi masyarakat Lhokseumawe, ujarnya lagi.
 

Pewarta: Khalis Surry

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024