Ternak sapi milik warga Gampong Alue Itam, Kecamatan Indra Makmu, Kabupaten Aceh Timur, ditemukan mati diduga dimangsa harimau di area kebut karet di daerah tersebut.

Kapolsek Indra Makmu Iptu Muhammad Alfata di Aceh Timur, Kamis, mengatakan ternak sapi yang mati itu milik Kariadi (53). Ternak tersebut ditemukan mati pada Rabu (28/8) sore.

"Kami menemukan bangkai sapi terluka dan tercakar, bahkan di sekitar sapi juga terdapat bekas tapak harimau sumatra, " kata Muhammad Alfata menyebutkan.

Mendapatkan temuan tersebut, Kapolsek berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, untuk penanganan lebih lanjut.

Selanjutnya, BKSDA memasang kamera trap di lokasi sapi yang dimangsa harimau tersebut. Pemasangan kamera ini berfungsi untuk mengetahui aktivitas harimau, kata Muhammad Alfata.

"Pemantauan dilakukan selama tiga hari ke depan berdasarkan perkembangan situasi. Karena itu, kami mengimbau masyarakat tidak menggembalakan ternak di perkebunan. Sebaiknya hewan ternak di kandangkan," katanya.

Selain itu, Kapolsek juga mengingatkan pemilik hewan ternak untuk tidak mengikat hewan ternak berdekatan dengan kawasan hutan yang diduga menjadi habitat harimau sumatra.

"Kami mengimbau warga lebih berhati-hati dalam beraktivitas di luar rumah, terutama di area perkebunan. Hal yang paling mendasar agar warga tidak keluar rumah sendirian, terlebih setelah matahari terbenam," kata Muhammad Alfata. 
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024