Jawa Timur (Jatim) menghadapi Sulawesi Selatan (Sulsel) di final nomor tim regu putri cabang olahraga sepak takraw Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

Bertanding di Gedung Idi Sport Center, Idi, Kabupaten Aceh Timur, Selasa, Jawa Timur melaju ke partai puncak setelah berhasil mengalahkan Riau dengan skor 2-0.

Kemenangan Jawa Timur tersebut setelah tim pertama menang dua set dengan poin 15-10 dan 15-9. Sedangkan tim kedua menang dalam tiga set 15-9, 12-15, 15-9. Sementara, untuk tim ketiga tidak dimainkan lagi karena Jawa Timur sudah unggul 2-0.

Aprian, pelatih sepak takraw putri Jawa Timur, mengaku anak asuhnya bermain dengan performa terbaik. Beberapa kesalahan di babak penyisihan grup sudah bisa diperbaiki, sehingga tidak kehilangan poin.

"Untuk partai final nanti, kami sudah ingatkan para pemain menyiapkan mental dan fisik. Secara umum, anak-anak juga sudah. Target kami tentu yang terbaik, meraih medali emas," kata Aprian.

Sementara, Sulawesi Selatan melaju ke semifinal setelah menang mudah atas tuan rumah Aceh. Aceh menurunkan pemain debutan di tim pertama kalah telak 4-15, 7-15.

Sedangkan pertandingan tim kedua dan tim ketiga tidak dimainkan lagi, sehingga Sulawesi Selatan dinyatakan menang 3-0.

"Ada beberapa pemain kami cedera. Jadi, pertandingan di semifinal tidak dilanjutkan. Selain itu, fokus kami pada nomor quadrant. Untuk nomor perorangan kuadran, kami menargetkan medali emas," kata Muhammad Sulaiman, pelatih sepak takraw Aceh.

Sementara itu, Najamuddin, pelatih sepak takraw putri Sulawesi Selatan, mengatakan dirinya tidak menerapkan strategi khusus menghadapi Aceh. Hanya saja anak asuhnya harus siap mental menghadapi tim tuan rumah.

"Kami menang karena beberapa pemain Aceh mengalami cedera. Dan Aceh juga lebih memfokuskan untuk nomor quadrant setelah ini, sehingga menurunkan pemain kedua," kata Najamuddin.

Partai final nomor tim regu putri cabang olahraga sepak takraw PON XXI Aceh-Sumut dijadwalkan berlangsung di Gedung Idi Sport Center pada Rabu (11/9).
 

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024