Tapaktuan (ANTARA Aceh) - Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan menganggarkan Rp73 miliar untuk meningkatkan pembangunan fasilitas infrastruktur berupa bangunan gedung berkonstruksi lima lantai di Rumah Sakit Yulidin Away Tapaktuan.

Direktur Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RS Yulidin Away, dr Faisal kepada wartawan di Tapaktuan, Senin mengatakan, angka ini mengalami peningkatan cukup signifikan dibandingkan alokasi anggaran yang digelontorkan tahun 2016 yang hanya sekitar Rp14 miliar.

Disebtukan, berdasarkan master plan yang telah dibuat, masih membutuhkan anggaran mencapai Rp200 miliar lagi untuk mewujudkan RS Yulidin Away Tapaktuan yang sudah berstatus Rumah Sakit Tipe-B menjadi satu-satunya Rumah Sakit rujukan regional yang membawahi tiga kabupaten/kota di Barat Selatan Aceh masing-masing Aceh Singkil, Subulussalam dan Aceh Barat Daya.

"Untuk mewujudkan rumah sakit regional tersebut, Pemkab Aceh Selatan harus mempersiapkan seluruh fasilitas yang cukup sesuai standar yang telah ditetapkan pihak Kementerian Kesehatan, yakni tidak hanya tersedianya tenaga medis (dokter specialis dan perawat) yang cukup serta didukung dengan peralatan kesehatan yang lengkap juga harus didukung dengan ketersediaan fasilitas infrastruktur yakni bangunan gedung yang besar dan luas," ungkap Faisal.

Karena membutuhkan anggaran yang tergolong besar, sambung Faisal, pihaknya harus merealisasikan mega proyek pembangunan gedung berkonstruksi lima lantai tersebut secara bertahap setiap tahun anggaran berjalan.

"Proyek ini direalisasikan secara bertahap untuk tahun 2017 ini sendiri berjumlah mencapai Rp73 miliar. Jika berhasil mendapatkan kucuran angggaran setiap tahunnya maka bangunan rumah sakit ini diperkirakan akan rampung pada tahun 2023," sebutnya.

Kucuran anggaran mencapai Rp73 miliar pada tahun 2017 ini sendiri, menurut Faisal masing-masing bersumber dari Otsus kabupaten sebesar Rp12 miliar, APBA sebesar Rp23 miliar dan DAK sumber APBN sebesar Rp38 miliar.

"Keberhasilan kita mendapatkan kucuran anggaran sebesar ini tentunya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Hal ini merupakan berkat kerja keras Bapak Bupati Aceh Selatan HT Sama Indra melobi anggaran baik di level provinsi hingga ke pusat," katanya.


Pewarta: Hendrik

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017