Pj Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Sunawardi bergerak cepat mengatasi pohon tumbang akibat cuaca buruk yang menimpa gedung PAUD di Desa Ie Lhob, Kecamatan Tangan, di kabupaten setempat, sebagai upaya agar proses kegiatan belajar mengajar anak-anak dapat segera dilanjutkan.

“Tadi sudah saya perintahkan kepala BPBK Abdya untuk secepatnya melakukan pembersihan di lokasi kejadian itu,” kata Sunawardi dihubungi dari Blangpidie, Rabu. 

Adapun langkah cepat yang di ambil oleh kepala daerah ini agar puluhan anak-anak PAUD tidak perlu libur sekolah dan bisa kembali belajar dengan aman dan nyaman.

Selain itu, Sunawardi juga menginstruksikan Dinas Perkim untuk mengangkut semua sampah dedaunan yang berserakan di komplek sekolah PAUD tersebut. 

Ia juga memerintahkan Asisten III Pemkab Abdya Rahwadi untuk mengawal proses pembersihan dan penanggulangan kerusakan gedung pendidikan yang ditimpa pohon besar itu.

Dengan tindakan cepat dan tegas dari kepala daerah ini, Sunawardi berharap proses belajar mengajar di PAUD Desa Ie Lhob dapat segera kembali normal, memastikan anak-anak tetap mendapatkan pendidikan yang layak tanpa gangguan.

Sementara itu, Rahwadi mengatakan bahwa gedung PAUD yang ditimpa pohon besar itu mengalami kerusakan parah. Material atap seng dan kayu reng banyak yang harus diganti.

“Untuk perbaikan butuh seng 2 kodi (40 lembar), 20 batang kayu reng, dan 10 lembar triplek. Sebahagian sudah ditanggung oleh Dinas Sosial. Sebagian lagi ditanggung oleh bapak Pj bupati,” ujarnya.

Kepala Desa Ie Lhob M Ali menyampaikan terima kasih atas aksi cepat kepala daerah dalam memerintahkan Kepala Dinas terkait untuk menanggulangi bencana yang menimpa sekolah PAUD di desa itu.

“Saya mewakili.seluruh warga menyampaikan terima kasih banyak kepada Pj bupati Sunawardi atas kepedulian yang luar biasa. Semoga Allah SWT membalas semua kebaikan bapak,” katanya.

Pengamatan di lapangan, Danramil bersama Babinsa bahu membahu dengan warga membantu pembersihan dan perbaikan gedung sekolah yang ditimpa pohon Kuini Selasa (17/9) malam.

Dengan semangat gotong royong dan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan gedung PAUD tersebut dapat segera pulih dan anak-anak bisa kembali belajar dengan nyaman dan aman.

Pewarta: Suprian

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024