Meulaboh (ANTARA Aceh) - Sebanyak 75 anggota pasukan pengibar bendera (paskibraka) Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh dikukuhkan sebagai pengibar bendera merah putih pada Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 tahun 2017.

Komandan Kodim 0105/ Aceh Barat, Letkol Inf Herry Riana Sukma, di Meulaboh, Rabu, mengatakan, anggota Paskibraka yang dikukuhkan tersebut merupakan outra-putri terbaik yang dipercayakan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik pula.

"Karena itu, anggota Paskibraka, agar dapat mempertanggung jawabkan kepercayaan dan kehormatan yang telah diberikan ini, diiringi dengan percaya diri dan niat yang baik sehingga terlaksana semuanya sesuai kita harapkan bersama,"sebutnya.

Dandim Letkol Inf Herry Riana Sukma, dalam amanatnya saat pengukuhan itu menyebutkan, terlibat sebagai anggota pengibar sang Merah Putih pada HUT RI ke-72 pada 17 Agustus 2017, merupakan prestasi dan tugas yang bersejarah.

Memperingati Indonesia merdeka setiap 17 Agustus memiliki makna dan tujuan agar rakyat Indonesia mengenang jasa dan pengorbanan para pahlawan yang telah gugur di medan perang saat itu.

Dengan demikian, nilai-nilai patriotisme anak bangsa akan semakin tumbuh dan generasi muda dapat termotivasi untuk terus mengisi kemerdekaan bangsa Indonesia ini dengan kegiatan-kegiatan positif.

"Terimakasih kami kepada anggota paskibraka, pelatih, orang tua, wali dan ketua pelaksana yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan ini,"sebutnya dalam acara di Aula Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Aceh Barat tersebut.

Kegiatan pengukuhan paskibraka dilakukan dengan seremoni dimulai dengan penjemputan ketua Pembina Paskibraka dilanjutkan dengan penghormatan, laporan pemimpin upacara, menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Selanjutnya ada pengukuhan oleh pelatih, penciuman bendera Merah Putih diiringi janji paskibraka, pemasangan kendit dan pembacaan amanat, serta di tutup dengan ucapan selamat oleh seluruh tamu undangan dan di ikuti oleh orang tua siswa dan siswi paskibraka.

Untuk perayaanHUT Kemerdekaan RI ke-72 di Kabupaten Aceh Barat telah disusun sejumlah rangkaian kegiatan, mulai dari apel kehormatan dan renungan suci pada Rabu (16/8) malam pukul 23.30 WIB di Taman Makam Pahlawan Rundeng.

Kemudian pada Kamis (17/8) pagi upcara peringatan detik-detik proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 di Lapangan Teuku Umar Meulaboh, dilanjutkan upacara penurunan bendera Merah Putih/ para senja pada sorenya, serta resepsi kenegaraan di pendopo Bupati Aceh Barat.


Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017