Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Provinsi Aceh menyatakan sebanyak 24.454 peserta calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan kementerian tersebut mengikuti seleksi kompetensi dasar.

Kepala Divisi Administrasi Kantor Wilayah Kemenkumham Provinsi Aceh Sri Yusfini di Banda Aceh, Senin, mengatakan seleksi berlangsung sejak 19 hingga 30 Oktober 2024. Seleksi berlangsung transparan dan akuntabel

"Ada sebanyak 24.454 peserta mengikuti seleksi kompetensi dasar CPNS di lingkungan Kemenkumham Aceh. Seleksi kelangsungan hingga 30 Oktober mendatang," kata Sri Yusfini menyebutkan.

Menurut Sri Yusfini, seleksi kompetensi dasar merupakan awal dari proses seleksi CPNS di lingkungan Kemenkumham Aceh. Seleksi kompetensi dasar ini menggunakan sistem computer assited test (CAT). 

"Kepada panitia seleksi, kami mengingatkan untuk menjaga netralitas serta tidak melakukan tindakan yang dapat menguntungkan maupun merugikan peserta. Kepada peserta, kami juga mengingatkan jangan percaya kepada calo," kata Sri Yusfini.

Senada juga diungkapkan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Aceh Meurah Budiman. Ia meminta para peserta seleksi tidak percaya kepada orang yang mengiming-imingi bisa meluluskan sebagai CPNS.

"Jangan percaya bila ada yang menjanjikan bisa meluluskan dengan membayar sejumlah uang. Kelulusan peserta ditentukan oleh kemampuan diri sendiri. Apabila ada calo, segera melaporkan kepada kami guna ditindaklanjuti," katanya.

Meurah Budiman menegaskan semua proses seleksi CPNS di Kemenkumham tidak dipungut biaya. Peserta juga diingatkan segera melaporkan jika ada oknum yang mengatasnamakan panitia seleksi meminta sejumlah uang.

"Kami juga mengingatkan pentingnya kejujuran dan integritas para peserta seleksi. Kami berharap dari seleksi ini terjaring CPNS berkualitas guna mengisi formasi yang tersedia di lingkungan Kemenkumham Aceh," kata Meurah Budiman.

Baca juga: SKD CPNS dimulai, ini pesan Kakanwil Kemenkumham Aceh

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024