Bada Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Banda Aceh menyatakan terus meningkatkan kesadaran masyarakat untuk program jaminan sosial ketenagakerjaan dalam wilayah tersebut sehingga seluruh pekerja terlindungi.

“Salah satu cara yang kita gencarkan adalah lewat sosialisasi. Khusus untuk sabang kesadaran jaminan sosial ketenagakerjaan sudah mulai tumbuh di ekosistem Kota Sabang khusus, tinggal kita kembangkan lagi, agar keseluruhan pekerja terlindungi,” kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Banda Aceh Iqbal di Sabang, Rabu.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela mensosialisasikan perlindungan masyarakat pekerja melalui program jaminan sosial ketenagakerjaan bersama Pemerintah Kota Sabang di  Sabang.

Ia menjelaskan gerakan universal coverage Jamsostek dimulai tumbuh dari ekosistem desa, di mana perlindungan tersebut akan memberikan manfaat kepada peserta jika terjadi sesuatu dalam menjalankan aktivitasnya.

BPJS Ketenagakerjaan Banda Aceh adalah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan untuk memberikan perlindungan bagi pekerja penerima upah maupun bukan penerima upah berbentuk Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua, dan Jaminan Pensiun dengan berbasis layanan syariah.

BPJS Ketenagakerjaan Banda Aceh juga menyampaikan terima kasih atas komitmen Pemerintah Kota Sabang mendukung gerakan perlindungan ketenagakerjaan yang menyeluruh.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga menyerahkan manfaat program jaminan kematian dan jaminan hari tua kepada dua ahli waris peserta BPJS Ketenagakerjaan yakni aparatur Gampong Krueng Raya dan petugas Dinas Lingkungan Hidup & Kebersihan Kota Sabang.

“Penyerahan manfaat secara simbolis ini menandakan bahwa risiko bagi masyarakat pekerja itu ada, terutama bagi keluarga yang ditinggalkan,” katanya.

Pj Walikota Sabang, Andri Nourman mengatakan kegiatan sosialisasi tersebut merupakan bentuk dukungan dan komitmen pemerintah Kota Sabang dalam menjaga kesejahteraan masyarakatnya.

“ Program jaminan sosial ketenagakerjaan itu penting untuk menjaga kesejahteraan para pekerja pada berbagai sektor,” kata Andri Nourman dalam pidato tertulis dibacakan Staf Ahli Wali Kota Bidang Keistimewaan Aceh, Kesejahteraan Rakyat dan SDM Setdako Kota Sabang Ridwan.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024