Lhokseumawe (ANTARA Aceh) -  Komando Distrik Militer (Kodim) 0103 Aceh Utara, Provinsi Aceh, mengembangkan pola tanam hidroponik, sebagai upaya mendukung program ketahanan pangan.

Komandan Kodim Aceh Utara Letkol Kav Fadjar Wahyudi Broto saat menjamu kunjungan Wakil Asisten Teritorial Kepala Staf Kodam Iskandar Muda Letnan Kolonel (Letkol) Inf Hasandi Lubis di Lhokseumawe, Rabu mengatakan, pihaknya sedang menggalakkan pengembangan sistem tanam hidroponik.

Dandim mengatakan, tujuan pengembangan budidaya hidroponik sebagai salah satu upaya mengoptimalkan serbuan teritorial sekaligus menjadi motor penggerak terhadap salah satu program ketahanan pangan di tengah masyarakat.

Sebutnya, jenis tanaman yang sedang dikembangkan umumnya jenis sayur-sayuran seperti kangkung dan sawi.

Kondisi tanamanan pada umumnya sedang mencapai tahap pertumbuhan dari penaburan bibit sebelumnya, terang Dandim.  
   
Sementara itu, Pasi Teritorial Kodim 0103 Aceh Utara Lettu Inf Setio Priambodo menambahkan, budidaya hidroponik dapat menjadi alternatif bagi masyarakat yang tidak memiliki lahan luas untuk bercocok tanam, terutama bagi masyarakat perkotaan.

Selain itu, dengan pola tanam hidroponik akan memberikan banyak keuntungan, di antaranya tanaman cepat tumbuh, mudah perawatan dan juga dapat menjadi pemandangan yang hijau di pekarangan.

"Teknik hidriponik ini bisa menjadi alternatif terhadap lahan yang sempit akan tetapi ingin bertani. Begitu juga dengan berbagai jenis sayuran dapat dengan mudah ditanam dengan teknik hidroponik ini, karena sarana yang digunakan adalah pipa paralon yang dilobangi sebagai media wadah media tanam," jelas Lettu Priambodo.

Ia juga mengingatkan, tanaman hidroponik dapat ditempatkan di mana saja, akan tetapi jangan sampai lama terkena hujan karena unsur hara dan nutrisi tanaman akan encer dan menghilang.


Pewarta: Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017