Bireuen (ANTARA Aceh) - Danrem 011/Lilawangsa, Kol Inf Agus Firman Yusmono melepas Danyonif 113/Jaya Sakti, Letkol Inf Adhe Hansen beserta 750 prajurit ke Pusat Pendidikan Komando Pasukan Khusus (Pusdik Passus) Batujajar, untuk mengikuti latihan pembentukan Raider.

Pada upacara pelepasan di Batalyon Infanteri 113/JS, Kecamatan Juli, Kabupaten Bureuen, Kamis, Danrem Agus menyampaikan, Satuan Tempur Batalyon Infanteri 113/JS ke depan akan dinaikan satu tingkat di atas Batalyon Infanteri biasa menjadi Satuan Tempur Batalyon Raider jajaran Korem 011/Lilawangsa di Wilayah Kodam IM.

Tentunya, kata Danrem, sudah dikaji secara mendalam dan kompreinsif, hal ini tidak terlepas dari penataan organisasi TNI AD  guna menjawab tuntutan dan kebutuhan organisasi agar lebih efektif dan efisien serta mampu menjalankan fungsi pembinaan satuan dalam upaya pencapaian tugas secara normal.

Selain itu, lanjut Danrem, terbentuknya Batalyon Infanteri 113/JS menjadi Batalyon Raider dapat menambah kekuatan TNI, khususnya di jajaran Korem 011/Lilawangsa akan lebih solid dan tangguh untuk menghadapi tugas kedepan yang semakin berat.

Danrem berpesan, laksanakan latihan dengan sungguh-sunguh, tanam dan kuasai ilmu materi Raider selama pendidikan, jaga kesehatan dan faktor keamanan, serta laksanakan ibadah dan doa, ikuti aturan-aturan yang ada baik dari pelatih maupun siapa saja, karena itu kunci dalam mengikuti latihan.

Diharapkan, selesai tahap pendidikan, prajurit harus mampu menguasai materi ilmu dan taktik Raider, diantaranya tahap basis, hutan gunung, pendaratan laut dan rala suntai, serta operasi khusus yang meliputi operasi raid penghancuran, raid pembebasan tawanan.

Dan selanjutnya, operasi Mobud, operasi lawan gerilya dan pertempuran jarak dekat di segala bentuk medan dan cuaca serta latihan pertempuran kota selama 81 hari secara bertahap, bertingkat dan berlanjut, yang berlandaskan perkembangan ancaman dan doktrin yang ada.

Hadir pada upacara pelepasan, diantaranya Dandim 0111/Bireuen, Ketuan DPRK Bireuen, Komandan/Kepala Satuan Dinas Jawatan jajaran Korem011/LW, para Kasi Korem 011/LW, Kapenrem 011/LW, Kapolres Bireuen yang diwakili Kapolsek, dan seluruh prajurit TNI Yonif 113/Jaya Sakti.


Pewarta: Yudi Wbc

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017