Meulaboh, Aceh (ANTARA Aceh) - Perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Karya Tanah Subur (KTS) di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh mengadakan bakti sosial berupa donor darah dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-29 PT Astra Agro Lestari (Tbk) tahun 2017.

Humas PT KTS Hendi, di Meulaboh, Sabtu, menuturkan dalam kegiatan itu pendonor darah dari kalangan staf dan karyawan perusahaan berhasil mengumpulkan 42 kantong darah dari 62 orang peserta.

"Bakti sosial ini kami laksanakan karena KTS merupakan bagian dari PT Astra Agro Lestari. Darah yang berhasil dikumpulkan, kami serahkan untuk masyarakat yang membutuhkan melalui kerja sama dengan Rumah Sakit Cut Nyak Dhien Meulaboh," katanya lagi.

Dalam pers rilis itu dijelaskan, kegiatan tersebut akan menjadi agenda tahunan pihaknya, sehingga masyarakat merasakan dampak positif keberadaan perusahaan bergerak pada sektor perkebunan kelapa sawit itu.

Upaya tersebut diharapkan semakin membuka citra positif keberadaan perusahaan grup Astra Agro Lestari itu, selain juga selama ini telah membuka kesempatan kerja bagi masyarakat Aceh Barat dan penduduk wilayah perusahaan.

Hendi menuturkan, selain itu, pihaknya juga memiliki program Corporate Sosial Responsibility (CSR), baik untuk kegiatan sosial, ekonomi dan pendidikan selama ini kontribusinya cukup nyata dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah itu.

"KTS selama ini juga melaksanakan program CSR atau internal namanya IGA. Salah satunya yakni membuka perkebunan sawit rakyat setiap tahun sehingga terbantu masyarakat dalam peningkatan ekonomi," katanya lagi.

Lebih lanjut dijelaskan, kegiatan tersebut juga menindaklanjuti hasil pertemuan manajemen pada pelaksanaan konferensi sawit international yang dihadiri petinggi PT Astra Agro Lestari, yakni selama berlangsung Indonesia Palm Oil Conference (IPOC) di Nusa Dua, Bali, pada 1-3 November 2017.

Hendi menuturkan, untuk penguatan industri sawit menghadapi tantangan global, kebijakan berupa kearifan lokal juga harus dibarengi dengan demikian kontribusi masyarakat yang mengelola perkebunan sawit rakyat juga meningkatkan produktivitas sawit nasional.

"Dalam upaya meningkatkan produktivitas, kebun rakyat harus dilibatkan. Kerja sama antara petani dengan perusahaan besar sawit yang baik akan menjamin keberlanjutan sektor penyumbang devisa terbesar tersebut," kata Hendi, mengutip pernyataan Ketua Umum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Joko Supriyono.

Ia menyampaikan, perlu kerja sama erat yang melibatkan perusahaan skala besar maupun petani sawit rakyat untuk mendongkrak produktivitas kelapa sawit, karena itu peran masyarakat sebagai pengelola kebun sawit rakyat harus benar-benar diakomodir untuk kemajuan sektor sawit nasional.

"Hanya dengan kerja sama yang baik antara perusahaan dan petani, sektor sawit nasional akan semakin maju," katanya menambahkan.

Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017