Meulaboh (Antaranews Aceh) - Bantuan sosial beras sejahtera (rastra) tahap pertama tahun 2018 mulai didistrbusikan ke 15.705 keluarga penerima manfaat di Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh mulai.

Peluncuran perdana bansos rastra itu dilakukan Sekretaris Daerah) Nagan Raya TR Jauhari, bersama Kepala Perum Bulog Divre Meulaboh, Ade Mulyani, Asisten II Nagan Raya, Plt Kadinsos Nagan Raya, serta unsur Muspika Suka Makmue, Rabu pagi.

"Pendistribusian secara simbolis ini dilakukan sesuai dengan permintaan pemerintah pusat kepada pemerintah kabupaten kota di Indonesia, untuk itulah hari ini kita melakukan `launching`,"kata Sekda TR Jauhari, di dampinggi Kasubdiv Bulog Meulaboh.

Sekda Nagan Raya, berharap Dinas Sosial waktu dekat ini melakukan verifikasi data jumlah KPM sehingga penyaluran bansos rastra bisa segera dimulai di seluruh kecamatan kabupaten penghasil batu giok Aceh itu.

Penerima manfaat bansos rastra tidak dipungut biaya sepeserpun, sementara kualitas beras yang diberikan Perum Bulog Meulaboh cukup bagus. Bansos rastra ini diharapkan dapat membantu masyarakat di tengah maraknya kenaikan harga beras medium.

"Di tengah maraknya kenaikan harga beras, khususnya beras medium diharapkan KPM terbantu. Dengan adanya pembagian bansos hari ini ibu-ibu tidak pusing memikirkan harga beras yang naik karena sudah dapat bansos rastra," tambahnya.

Kadivre Bulog Meulaboh, Ade Mulyani, menambahkan, untuk 15.705 KPM di Nagan Raya, pihaknya mendistribusikan pagu bansos rastra 150.705 kilogram. Bulog Meulaboh telah mempersiapkan semua kebutuhan bansos rastra di wilayah kerjanya.

"`Launching` bansos rastra Kabupaten Nagan Raya itu merupakan kegiatan pertama untuk distribusi program bansos rastra di wilayah kerja Perum Bulog Meulaboh membawahi empat kabupaten di barat selatan Aceh," katanya.

Didampingi Humas Perum Bulog Meulaboh, Zairi, dijelaskan, bansos rastra yang akan didistribusikan untuk tahap pertama pada wilayah kerjanya dengan jumlah pagu 46.784 KPM atau dengan jumlah beras 467,8 kilogram, setiap KPM mendapatkan 10 kilogram.

Untuk wilayah lain sebutnya, sudah diperincikan untuk jumlah pagu kebutuhan bansos rastra yang akan disalurkan, yakni, untuk Kabupaten Aceh Barat 16.948 KPM, Kabupaten Aceh Jaya, 6.524 KPM dan Kabupaten Simeulue dengan pagu 7.607 KPM.

"Untuk wilayah lain belum, di Aceh Barat rencananya penyaluran bansos rastra pada hari Senin (22/1). `Launching`-nya oleh bupati. Tapi kita masih menanti hasil koordinasi jadwal yang pastinya, Bulog siap mengantarkan sampai tujuan," katanya.

Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018